Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Nadiem Kasih Beasiswa untuk Putri Ariani ke Kampus Impiannya

Kompas.com - 12/06/2023, 12:04 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Siswi difabel SMKN 2 Kasihan Yogyakarta, Ariani Nisma Putri (Putri Ariani) yang baru saja meraih Golden Buzzer di acara America's Got Talent (AGT) 2023 mendapat ucapan selamat langsung dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim.

"Terima kasih, Pak. Aduh, akhirnya ketemu juga sama bapak (Nadiem)," kata Putri melansir laman Kemendikbud, Senin (12/6/2023).

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

Putri Ariani menceritakan pengalaman luar biasanya dalam menempuh pendidikan dan menekuni talentanya di bidang musik dan tarik suara.

Dimulai dari orangtua yang memberikan kebebasan bagi Putri Ariani untuk memilih peminatan pendidikan dan mimpinya, hingga dukungan orangtua dan sekolah untuk memaksimalkan minat dan bakat Putri.

"Sekolah Putri mendukung secara penuh, memberikan semua yang terbaik yang mereka bisa berikan. Contohnya, sekolah masih memberikan pelajaran ke Putri Ariani secara daring. Guru-guru juga membantu Putri mendeskripsikan gambar dan partitur ke dalam tulisan, sehingga Putri bisa memahaminya dengan sangat baik," jelasnya.

Putri Ariani merasa terbantu dengan pembelajaran sekolah yang membebaskannya dan guru dalam memilih sarana belajar mengajar.

Di samping itu, Putri Ariani ternyata memiliki cara sendiri dalam belajar.

"Kalau di sekolah Putri Ariani punya cara belajar sendiri Pak, pakai teknologi. Jadi Putri pakai handphone dan laptop biasa, kemudian dibantu screen reader. Putri bisa mengarsipkan sendiri materi-materi sekolah di laptop," jelas dia.

Baca juga: Mahasiswa Terdampak 23 PTS Ditutup, Kemendikbud: Kita Alihkan ke Kampus Sehat

Untuk mendukung mimpi Putri Ariani berkuliah di kampus impiannya, Nadiem menyampaikan akan membantu Putri lewat Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Inspirasi Putri untuk negara ini, kata Nadiem, luar biasa. Maka dari itu, Kemendikbud ingin merealisasikan mimpi Putri Ariani untuk berkuliah di kampus impian Putri, yang seleksinya sangat ketat.

"Jadi kami akan mendukung penuh lewat Beasiswa Indonesia Maju," tutur dia.

Program BIM pada tahun ini juga menyasar siswa kelas menengah atas dan sederajat juga akan membantu penerima beasiswa mulai dari persiapan memasuki perguruan tinggi pilihannya.

"Jadi selain beasiswa penuh saat kuliah nanti, dalam proses pendaftaran Putri Ariani ke kampus, persiapan untuk tes juga akan didukung lewat beasiswa ini," tegas dia.

Nantinya, Nadiem akan memberikan surat rekomendasi untuk memperkuat pendaftaran Putri ke kampus impiannya.

Putri Ariani menyampaikan terima kasih kepada Menteri Nadiem dan Kemendikbud karena sudah mendukung impiannya untuk berkuliah di tahun depan.

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

"Terima kasih. Aku senang banget. Soalnya dari kecil impianku mau kuliah di The Julliard School," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com