Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar IPB Kasih Tips Sembelih Hewan Kurban Saat Wabah PMK

Kompas.com - 16/06/2022, 14:59 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang Idul Adha, masyarakat masih khawatir dengan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak dan kurban.

Melihat keresahan tersebut, Dosen IPB dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB), Dr. Denny Widaya Lukman memaparkan tata cara menyembelih kurban dengan baik di masa wabah PMK.

Baca juga: Wabah PMK Menjelang Idul Adha, Pakar IPB Sarankan Hal Ini

Dia menyebut, kegiatan sembelih hewan kurban sangat diimbau untuk dikerjakan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Meskipun jumlah RPH tidak mencukupi untuk kebutuhan Idul Adha saat ini, tetapi pengawasannya didampingi oleh dokter dan mantri hewan.

"Pemotongan hewan kurban di luar RPH diijinkan, walau persyaratannya lebih ketat di masa PMK. Masyarakat diharapkan bersabar menerima kondisi ini dengan segala persyaratan yang ketat agar tidak terjadi penyebarluasan virus," ucap dia melansir laman IPB, Kamis (16/6/2022).

Dosen IPB itu menerangkan, hewan yang sakit atau dicurigai sakit dipisahkan dan dilaporkan ke Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH).

Dia menyarankan, agar panitia hewan kurban juga harus segera memiliki kontak petugas dinas PKH menjelang Idul Adha.

Hal ini supaya ketika menemukan kasus yang diduga PMK dapat segera mendapatkan bantuan dokter hewan maupun mantri.

Dr. Denny menegaskan, pemotongan hewan kurban yang sakit dengan gejala ringan harus dilakukan di bawah pengawasan petugas dinas.

Tidak hanya itu, tempat pemotongan juga disarankan terpisah serta panitia yang terlibat minimal menggunakan alat pelindung diri (APD).

Baca juga: Kenali Ramsay Hunt Syndrome yang Diidap Justin Bieber dari Dokter UGM

Hal yang tidak kalah penting adalah penanganan limbah harus sesuai persyaratan dan tidak mencemari lingkungan umum. Hal ini penting agar tidak terjadi penularan ke hewan sehat.

"Panitia kurban harus berhati-hati sumber virus pada hewan yang terinfeksi. Penerapan kebersihan dan kesehatan orang dan lingkungan menjadi kunci utamanya. Sanitasi ini penting terutama bagi petugas yang menangani hewan dan daging," ucap Dr. Denny.

Hukum berkurban dengan hewan yang terkena PMK sudah dikeluarkan oleh Fatwa MUI Nomor 32 tahun 2022. Hukum ini terbilang mudah dipahami orang awam.

Cara membedakan hewan tidak layak kurban dengan yang layak berdasarkan pincang atau tidaknya hewan.

Bila hewan sudah mengalami pincang, artinya menunjukkan gejala berat. Sehingga tidak layak dijadikan sebagai hewan kurban.

Sedangkan hewan dengan gejala ringan masih dianggap sah sebagai hewan kurban.

"Namun demikian, saya sangat menghimbau untuk mengutamakan memotong hewan yang sehat karena jauh lebih baik dan jauh lebih sempurna dan yakin tidak akan menulari hewan yang sehat," tegas dia.

Di samping itu, kelengkapan fasilitas pemotongan hewan harus turut diperhatikan, mulai dari tempat pemotongan hewan sehat dipisahkan antara jenis dan status kesehatannya.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2021-2023

"Tidak hanya itu, sembelih hewan kurban juga harus mendahulukan hewan sehat bila hanya ada satu tempat pemotongan," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com