Kemenkes Adakan Tes Viral Load Gratis untuk ODHA, Ini Lokasinya!

Kompas.com - 06/10/2022, 17:25 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar tes Viral Load gratis bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mulai Oktober 2022.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, program tersebut sudah berjalan dan diatur oleh Subdit HIV Kemenkes.

"Program sebenarnya sudah berjalan dan diatur oleh Subdit HIV Kemenkes," ujar Syahril saat dihubungi Kompas.com, Kamis (6/10/2022).

Lalu, apa itu tes Viral Load dan apa manfaatnya?

Mengenal tes Viral Load

Saat dikonfirmasi, Syahril menjelaskan, tes Viral Load atau VL adalah pemeriksaan viral load HIV, yaitu pengukuran kadar virus yg berada di dalam tubuh ODHA.

Sehingga syarat peserta pemeriksaan tersebut tentunya adalah ODHA atau orang dengan HIV positif.

"Untuk pemeriksaan tersebut selama ini dilakukan oleh fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang melayani program HIV dan juga RS rujukan HIV sesuai dengan kriteria pemeriksaan VL," ujar Syahril.

Menurut dia, pemeriksaan VL ini memang termasuk program HIV yang dikooridnir Subdit HIV dengan pelaksana di masing-masing Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten.

Menariknya, program ini dibiayai oleh dana GF-ATM.

"Pemeriksaan tersebut gratis sesuai kriteria," kata dia.

Baca juga: Gejala HIV dari Waktu ke Waktu, Ini Tahapannya


Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.