Berapa Biaya Buat Paspor yang Masa Berlakunya Jadi 10 Tahun? Ini Kata Imigrasi

Kompas.com - 06/10/2022, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Kini, masa berlaku paspor menjadi 10 tahun dari yang sebelumnya hanya 5 tahun.

Aturan penambahan masa berlaku paspor itu sebagaimana termaktub dalam Pasal 2A Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI (Permenkumham) Nomor 18 tahun 2022 yang diteken oleh Menteri Yasonna H Laoly.

Sebelumnya, peraturan tersebut ditetapkan di Jakarta pada 19 September 2022 dan diundangkan di Jakarta pada 29 September 2022.

"Berlakunya aturan baru ini mungkin sudah ditunggu oleh masyarakat, Alhamdulillah sekarang sudah disahkan," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Imigrasi, Widodo Ekatjahjana dilansir dari laman resmi Imigrasi.

Bertambahnya masa berlaku paspor ini menimbulkan pertanyaan tentang biaya PNBP yang harus dibayarkan ketika hendak membuat paspor.

Baca juga: Panduan Mengisi Antrean Paspor Online Melalui M-Paspor

Lantas, berapa biaya buat paspor yang masa berlakunya menjadi 10 tahun itu?

Biaya buat paspor 10 tahun

Widodo mengatakan, saat ini aturan mengenai biaya pembuatan paspor sedang dalam pembahasan dengan melibatkan stakeholder terkait.

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan petunjuk teknis dan infrastruktur kesisteman pembuatan paspor.

Namun, bagi masyarakat yang saat ini hendak membuat paspor, Widodo memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan belum mengalami perubahan.

"Saat ini masyarakat masih akan membayar biaya yang sama dengan sebelumnya, yaitu Rp 350.000 untuk paspor biasa nonelektronik dan Rp 650.000 untuk paspor biasa elektronik," terangnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.