Alasan Eks KPK Febri Diansyah dan Rasamala Jadi Pengacara Sambo dan Putri

Kompas.com - 29/09/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Gagal menggaet pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, Ferdy Sambo menyewa mantan pegawai KPK Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang untuk jadi pengacaranya.

Sebelumnya Horman Paris mengaku pernah diminta menjadi pengacara Sambo di kasus pembunuhan Brigadir Brigadir J, namun dia menolak.

"Maaf, untuk kali ini, saya tidak bisa. Ada alasan tertentu," kata Hotman Paris Hutapea di acara "Pagi Pagi Ambyar" TransTV, dikutip dari kanal YouTube Trans TV Official, Jumat (2/9/2022).

Sebagai gantinya, Sambo lalu meminta bantuan eks KPK Rasamala Aritonang dan Febri Diansyah untuk bergabung menjadi tim kuasa hukum tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Baca juga: Alasan Hotman Paris Tolak Jadi Pengacara di Kasus Ferdy Sambo


Alasan eks KPK jadi pengacara Sambo

Dikutip dari Kompas.com (28/8/2022), Rasamala Aritonang mengungkapkan alasannya bergabung karena mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo menyatakan siap membeberkan fakta di persidangan.

“Pertimbangannya terutama karena Pak Ferdy telah bersedia mengungkap fakta yang sebenarnya yang ia ketahui terkait kasus ini di persidangan nanti,” ujar Rasamala saat dikonfirmasi, Rabu (28/9/2022).

Rasamala juga mempertimbangkan adanya temuan atau rekomendasi dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Menurut Rasamala, Ferdy dan Putri adalah warga negara Indonesia yang punya hak yang sama seperti warga negara lainnya.

Ferdy dan Putri, kata dia, berhak mendapatkan pembelaan yang proporsional dari penasihat hukum yang dipilihnya.

“Sehingga terlepas dari apa yang disangkakan terhadapnya maka ia juga berhak diperiksa dalam persidangan yang objektif, fair dan imparsial,” ucapnya.

Alasan mantan Jubir KPK jadi pengacara Sambo

Sementara itu, mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan dirinya akan objektif saat mendampingi Ferdy Sambo dan istirnya.

Menurut Febri, ia ditawari menjadi kuasa hukum Ferdy dan Putri sejak beberapa minggu lalu.

Febri juga bersedia bergabung menjadi tim kuasa hukum karena sudah mempelajari berkas perkara yang menjerat pasangan tersebut.

“Setelah saya pelajari perkaranya dan bertemu dengan Bu Putri, saya sampaikan bahwa kalaupun saya menjadi kuasa hukum, saya akan dampingi secara objektif,” ucap dia.

Baca juga: Febri Diansyah dan Rasamala, Eks Pentolan KPK yang Kini Bela Tersangka Pembunuhan Berencana

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.