Update Kasus Brigadir J: Dugaan Sel Mewah Ferdy Sambo | Eks KPK Febri Diansyah Jadi Pengacara Putri Candrawathi

Kompas.com - 29/09/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat masih belanjut.

Update terbaru adanya isu ruang tahanan mewah Ferdy Sambo yang seperti kamar hotel hingga dua orang eks KPK yang jadi pengacara Sambo dan Putri Candrawathi

Pihak kepolisian membantah adanya video yang menyebut adanya fasilitas kamar mewah untuk ruang tahanan Ferdy Sambo. 

Isu ruang tahanan Sambo berwujud kamar mewah

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (28/9/2022), sempat beredar video yang memperlihatkan kamar mewah dengan narasi ruang tahanan Ferdy Sambo di media sosial.

Namun, Polri menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Polri pun mengunggah video tersebut di akun Instagram @divisihumaspolri pada Selasa (27/9/2022).

Beredar sebuah video menyesatkan di sosial media TikTok yang memperlihatkan sebuah kamar mewah dan fasilitasnya, serta suara laki-laki yang menarasikan itu adalah ruang sel tahanan FS. Video tersebut tidaklah benar atau Hoax,” tulis akun @divisihumaspolri.

Pihak Divisi Humas Polri pun telah mengizinkan Kompas.com untuk mengutip video yang dimaksud.

Lebih lanjut, Divisi Humas Polri menegaskan, ruangan yang ditampilkan dalam video viral itu bukan situasi sel yang ada di Mako Brimob.

Polri juga meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan pemberitaan atau informasi yang belum jelas kebenarannya.

Terkait suara yang ada pada video, Polri mengatakan, itu adalah rekaman dari audio terpisah yang ditempel pada video untuk menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

Baca juga: Viral Video Kamar Mewah Disebut Ruang Tahanan Ferdy Sambo, Polri Sebut Itu Hoaks

Ferdy Diansyah jadi pengacara Putri Candrawathi

Mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberikan  keterangan pers terkait dia menjadi kuasa hukum Putri Candrawathi di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (28/9/2022).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan Mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberikan keterangan pers terkait dia menjadi kuasa hukum Putri Candrawathi di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (28/9/2022), mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah ditunjuk sebagai pengacara Putri Candrawathi.

Febri mengaku telah diminta untuk menjadi pengacara Putri sejak beberapa minggu lalu. Ia kemudian mempelajari perkara tersebut dan berbicara secara langsung dengan Putri.

Kepada Putri, Febri menyatakan akan memberikan pendampingan dan bertindak secara obyektif.

Selain itu, mantan pegawai KPK lainnya yakni Rasamala Aritonang pun tergabung dalam Tim Kuasa Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

Rasamala beralasan, dirinya bersedia membela Sambo karena mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri itu mengaku bersedia mengungkap fakta yang sebenarnya tentang kasus ini di persidangan.

Pertimbangan lainnya, karena ada berbagai dinamika yang terjadi dalam kasus ini, termasuk temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Selain itu, menurut Rasamala, Sambo merupakan warga negara Indonesia, sehingga punya hak yang sama seperti warga negara lainnya.

“Terlepas dari apa yang disangkakan terhadapnya, maka ia juga berhak diperiksa dalam persidangan yang objektif, fair (adil) dan imparsial, termasuk mendapatkan pembelaan yang proporsional dari penasihat hukum yang ia pilih,” katanya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Alasan Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang Mau Gabung Tim Kuasa Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.