Kompas.com - 21/09/2021, 13:00 WIB
Katarak karena penuaan bisa mulai menyerang usia 40 tahun. Unsplash/Arun PrakashKatarak karena penuaan bisa mulai menyerang usia 40 tahun.

KOMPAS.com - Katarak adalah gangguan mata ketika lensa mata tak lagi jernih, menjadi keruh dan tertutup selaput awan.

Gangguan katarak tak datang tiba-tiba. Penyakit ini datang perlahan-lahan, dengan gejala awal yang terkadang tak terdeteksi dan tak dirasakan oleh kita semua.

Katarak dimasukkan ke dalam daftar penyakit karena efek penuaan. Gangguan mata ini sendiri biasanya mulai datang menghampiri ketika kita sudah menginjak kepala empat alias memasuki usia 40 tahun.

Menghimpun data dari Medical News Today,  ketika lensa mata sudah berkabut maka cahaya tak bisa memasuki mata dengan maksimal, sehingga penglihatan pun akan semakin kabur. 

Baca juga: Benarkah Air Rebusan Daun Sirih Bisa Obati Katarak? Ini Penjelasan Medisnya

Jenis-jenis katarak

Katarak terbagi menjadi beberapa jenis dibedakan menurut penyebabnya. 

1. Katarak karena proses penuaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Katarak yang muncul di usia 40 tahun biasanya terjadi karena efek penuaan.Unsplash/Aditya Wardhana Katarak yang muncul di usia 40 tahun biasanya terjadi karena efek penuaan.
Kebanyakan kasus katarak disebabkan karena proses penuaan, sehingga penyakit ini termasuk ke dalam penyakit yang tak bisa dihindari. 

Dalam sebuah studi yang dilansir oleh Johns Hopkins Medicine, diperkirakan di tahun 2050 akan ada sejumlah 50 miliar penduduk Amerika Serikat yang akan menderita katarak.

Semakin banyak lansia, akan semakin tinggi angka penderita katarak.

2. Katarak karena kelainan bawaan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.