Kompas.com - 21/09/2021, 11:30 WIB
Ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan meningkatkan produksi ASI. Unplash/Kevin LiangAda bahan-bahan alami yang bisa digunakan meningkatkan produksi ASI.

KOMPAS.com - Produksi Air Susu Ibu atau ASI masing-masing wanita menyusui berbeda-beda.

Ada yang banyak dan bisa mencukupi kebutuhan bayi, ada yang sangat kurang sehingga membahayakan kondisi bayi.

Berbagai faktor bisa melatarbelakangi mengapa produki ASI kurang atau makin minim hari demi hari.

Menghimpun data dari Mayo Clinic, produksi ASI yang kurang bisa disebabkan karena pengaruh pengonsumsian obat, tak menyusui dalam frekuensi terlalu sering, kelahiran bayi prematur, obesitas ketika masa kehamilan, kehamilan dengan tekanan darah tinggi, dan kurangnya kemampuan tubuh mengontrol insulin.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memacu produksi ASI dari ibu menyusui. Seperti menyusui sesering mungkin, tak mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan, dan menghindari alkohol juga nikotin. 

Selain itu, ada pula bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk memacu produksi ASI. Bahan alami ini aman dikonsumsi oleh Anda yang tengah menyusui.

Baca juga: Alasan Mengapa Susu Kental Manis Tidak Boleh Diseduh dan Diminum Langsung

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahan alami untuk melancarkan ASI

Beberapa sayur, buah dan biji-bijian bisa digunakan untuk memacu produksi ASI. Ketika ASI lancar, maka kebutuhan nutrisi bayi akan terpenuhi dengan maksimal.

Berikut ini bahan alami yang bisa digunakan untuk melancarkan ASI, dilansir dari Indiatimes

1. Drumstick atau batang tanaman kelor

Batang daun kelor bisa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI. Batang daun kelor bisa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI.
Kelor adalah superfood yang kaya kandungan vitamin dan mineral alami. Beberapa senyawa istimewa di dalam kelor bisa memancing kelenjar susu atau mammary gland untuk lebih banyak memproduksi susu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.