Kompas.com - 10/09/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi vaksinasi Covid-19.

KOMPAS.com - Kemudahan masyarakat mengakses media sosial saat ini, membuat informasi seputar vaksin beredar dengan begitu cepat.

Termasuk sejumlah rumor, mitos, dan hoaks yang muncul seputar vaksin Covid-19.

Karena itu, apabila mendapatkan informasi seputar vaksin, perlu lebih teliti dan mengeceknya melalui sumber kredibel dan terpercaya. 

Melansir situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan situs resmi covid19.go.id, berikut rangkuman mitos dan informasi yang keliru seputar vaksin Covid-19. Apa saja?

1. Menimbulkan kemandulan

Salah satu informasi yang beredar, vaksin yang disuntikkan ke tubuh seseorang disebut akan menimbulkan risiko infertilitas atau kesuburan. Gangguan ini berupa kemandulan bagi perempuan.

Menanggapi hal tersebut, ahli vaksin yang memiliki spesialisasi dalam bidang epidemiologi pneumokokus Dr Katherine O’Brien menjelaskan, vaksin Covid-19 tidak dapat menyebabkan kemandulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini adalah rumor yang telah banyak beredar dan rumor tersebut tidak benar,” ujar Kate dalam sesi wawancara bersama WHO.

“Tidak ada vaksin yang menyebabkan kemandulan,” tegas dia.

Baca juga: [HOAKS] Vaksin Covid-19 Mengakibatkan Kemandulan

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.