Kompas.com - 10/09/2021, 11:13 WIB
Pita kuning adalah simbol upaya pencegahan bunuh diri. SHUTTERSTOCKPita kuning adalah simbol upaya pencegahan bunuh diri.

KOMPAS.com - Tanggal 10 September diperingati sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia atau World Suicide Prevention Day (WSPD).

Peringatan ini dimulai sejak 2003 setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganggap bahwa bunuh diri adalah isu yang sangat serius. 

Pada 2004, WHO secara resmi menjadikannya tanggal 10 September sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri yang diakui setiap tahun.

Baca juga: Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, Masyarakat Diajak Saling Peduli

Setiap tahun, IASP menyelenggarakan ratusan acara atau program di lebih dari 60 negara untuk kampanye tersebut. 

WHO menggandeng International Association of Suicide Prevention (IASP) untuk memperingati Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia setiap tanggal 10 September.

Pada tahun ini, tema Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia berfokus pada kesehatan mental di tengah pandemi corona yakni “Creating Hope Through Action” atau "Menciptakan Harapan Melalui Tindakan". 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pandemi dan isu bunuh diri

Pandemi virus corona Covid-19 yang sedang berlangsung membuat banyak orang semakin cemas, tertekan, dan rentan untuk mengambil langkah ekstrem.

Hal itu bisa karena beberapa alasan, seperti kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat karena virus corona, kurangnya pertemuan sosial dan sebagainya.

Pada tahun 2020 tema nasional Hari Pencegahan Bunuh Diri adalah “Bersama Cegah Bunuh Diri.“

Cara terbaik untuk mencegah bunuh diri adalah dengan mengenali tanda-tanda peringatan dan tahu bagaimana menanggapi krisis semacam itu.

Baca juga: Stres Sepi Job dan Banyak Tanggungan, Dinar Candy: Untung Aku Nggak Bunuh Diri

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.