Kompas.com - 03/02/2021, 12:05 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Informasi terkait terbangunnya jalan tol pertama di pulau Sumatera setelah 75 tahun Indonesia Merdeka tersebar di media sosial Facebook.

Pengunggah menyebut keberadaan jalan tol di Sumatera yang pertama ini terjadi di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Akan tetapi, klaim tersebut tidak sesuai dengan data yang dimiliki oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga Jasa Marga.

Sebelumnya, Sumatera telah memiliki satu jalan tol yakni Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) yang sudah mulai beroperasi sejak 1986.

Narasi yang beredar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah unggahan di media sosial Facebook menyebut jalan tol pertama di Pulau Sumatera baru ada setelah 75 tahun kemerdekaan Indonesia, yakni ketika di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Unggahan itu sebenarnya diunggah sudah cukup lama, yakni pada 8 Juni 2020 oleh akun Widya Fitriany di grup Facebook Indonesia Bersuara.

Akan tetapi, unggahan ini masih mendapat banyak respons netizen bahkan hingga hari ini, Selasa (2/2/2021).

Hal itu terlihat dari adanya komentar-komentar yang masuk dari pengguna lain di hari ini, lebih dari setengah tahun unggahan dibuat.

Berikut ini adalah penggalan narasi yang ditulis Widya Fitriany, menggunakan huruf kapital, terkait jalan tol pertama di Sumatera setelah 75 tahun Indonesia merdeka

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.