Kompas.com - 02/02/2021, 20:00 WIB
Peneliti temukan mumi dengan lidah emas di Mesir yang usianya diperkirakan sekitar 2.000 tahun. Egyptian antiquities ministry via Live SciencePeneliti temukan mumi dengan lidah emas di Mesir yang usianya diperkirakan sekitar 2.000 tahun.

KOMPAS.com - Mumi berusia 2.000 tahun yang terkubur dengan lidah emas ditemukan oleh sejumlah arkeolog di Taposiris Magna, Mesir

Diketahui, Taposiris Magna merupakan tempat sakral yang sangat dihormati oleh orang-orang Mesir Kuno.

Taposiris Magna juga berarti "makam besar Osiris", di mana Osiris dianggap sebagai dewa dunia bawah. Bersama dengan Isis dan Horus, Osiris membentuk trinitas utama di antara dewa dan dewi Mesir.

Baca juga: Peti Mati dan Mumi Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Kuil Kuno Mesir

Mumi lidah emas

Dilansir dari Express, (1/2/2021), sebuah tim arkeolog dari Mesir dan Republik Dominika dilaporkan menemukan penemuan aneh di kuil-kuil kuno Mesir.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti menemukan mumi yang dibalsem lebih dari 2.000 tahun lalu yang lidahnya diganti dengan batangan emas.

Dari penemuan ini, para arkeolog mengatakan, lidah emas mungkin ditempatkan di sana sehingga orang yang meninggal dapat berbicara dengan para dewa di akhirat.

Baca juga: Toko Makanan Jalanan Kuno Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Pompeii

Hal itu juga serupa dengan pernyataan dari Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir yang dirilis pada 29 Januari 2021.

Mumi itu ditemukan di salah satu dari 16 ruang pemakaman di Taposiris Magna, yang juga memiliki kuil yang didedikasikan untuk Isis.

Salah satunya dikuburkan dengan topeng kematian yang menutupi sebagian besar tubuhnya.Kementerian pariwisata dan purbakala Mesir via express.co.uk Salah satunya dikuburkan dengan topeng kematian yang menutupi sebagian besar tubuhnya.

Di salah satu dari 15 ruang pemakaman lainnya, seorang perempuan dimakamkan dengan topeng kematian yang menutupi sebagian besar tubuhnya.

Di ruang lain, para ilmuwan menemukan sisa-sisa gulungan, yang saat ini coba diuraikan oleh para ahli. Para peneliti juga menemukan beberapa patung individu yang terkubur di situs tersebut.

Baca juga: Arkeolog Turki Temukan Segel Berusia Ribuan Tahun dari Era Mesir Kuno

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X