Hal-hal yang Perlu Diketahui Seputar Bank Syariah Indonesia

Kompas.com - 03/02/2021, 08:05 WIB
Logo PT Bank Syariah Indonesia Tbk Dok. Bank Syariah IndonesiaLogo PT Bank Syariah Indonesia Tbk

KOMPAS.com - Bank Syariah Indonesia (BSI) resmi beroperasi pada Senin (1/2/2021).

Bank tersebut merupakan hasil merger dari tiga bank syariah BUMN, yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (1/2/2021) proses merger ketiga bank tersebut membutuhkan waktu sekitar 11 bulan, sejak pertama kali dimulai pada Maret 2020.

Baca juga: BSI Resmi Beroperasi, Berikut 5 Perbedaan Mendasar Bank Syariah dan Konvensional

Proses yang dilalui untuk melakukan merger, antara lain due diligence, penandatanganan akta penggabungan, penyampaian keterbukaan informasi, dan perolehan izin dari OJK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir dalam peluncuran BSI mengatakan, kelahiran bank tersebut menjadi sejarah baru bagi ekonomi syariah di Indonesia.

Jokowi mengatakan, Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia sudah seharusnya memiliki perkembangan ekonomi syariah yang masif.

“Status ini sudah jadi salah satu identitas global Indonesia dan menjadi salah satu kebanggan kita. Maka, sudah sewajarnya Indonesia menjadi salah satu negara yang terdepan dalam hal perkembangan ekonomi syariah,” ujar Jokowi saat launching BSI.

Sebagai hasil merger dari tiga bank, BSI akan menjadi bank syariah terbesar di Tanah Air dengan total aset sekitar Rp 239,56 triliun.

Baca juga: Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja IT Programming, Berminat?

Lantas, apa saja yang perlu diketahui dari kehadiran BSI?

1. Migrasi rekening tabungan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X