Unik, Ada Rasi EURion pada Uang Pecahan Rp 100.000, Apa Artinya?

Kompas.com - 16/05/2020, 12:30 WIB
Tangkapan layar contoh pecahan uang Rp 100.000 yang menunjukkan adanya rasi bintang EURion. Bank IndonesiaTangkapan layar contoh pecahan uang Rp 100.000 yang menunjukkan adanya rasi bintang EURion.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan berupa video singkat yang menampilkan adanya rasi bintang EURion pada dua sisi uang kertas pecahan Rp 100.000 beredar di media sosial Twtter pada Kamis (14/5/2020).

Adapun pengunggah merupakan akun resmi Twitter Wikipedia Bahasa Indonesia, @idwiki.

Dalam twit, disebutkan bahwa terdapatnya rasi bintang berfungsi untuk mencegah pemalsuan uang kertas.

"Coba lihat uang kertas kamu, pasti terdapat pola lingkaran dalam jumlah banyak.

Nah, itu adalah Rasi EURion. Pola tersebut membantu komputer, mesin fotokopi, maupun mesin cetak mencegah pemalsuan uang kertas," tulis admin akun @idwiki.

Baca juga: Viral Video Tenaga Medis di RSUD Sidoarjo Parodikan Power Rangers, Ini Cerita Lengkapnya...

Sejauh ini, video tersebut telah ditonton sebanyak 3.100 kali dan telah disukai sebanyak 161 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lalu, apakah rasi bintang EURion ini juga terdapat pada uang kertas pecahan lainnya?

Saat dikonfirmasi, staf Humas Bank Indonesia (BI) yang enggan menyebutkan namanya membenarkan bahwa adanya tanda rasi bintang EURIon pada pecahan uang Rp 100.000 sebagai tanda untuk mencegah pemalsuan uang.

Namun, pihaknya enggan berkomentar lebih jauh. "Dari publikasi BI saja," ujarnya singkat kepada Kompas.com, Jumat (15/5/2020).

Sementara itu, merujuk dari website resmi Bank Indonesia, bi.go.id, ada sejumlah ciri keaslian dari mata uang rupiah Tahun Emisi 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X