Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Wajib Ikut Trial Test? Ini Jawaban FHCI

Kompas.com - 23/04/2024, 20:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Forum Human Capital Indonesia (FHCI) telah mengumumkan hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024, mulai Selasa (23/4/2024).

Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang lolos selanjutnya dijadwalkan mengikuti trial test atau tes percobaan yang bakal diselenggarakan, Rabu (24/4/2024).

Untuk diketahui, trial test adalah tes percobaan pada seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang dilaksanakan sebelum Tes Kemampuan Dasar (TKD), Core Values AKHLAK dan Wawasan Kebangsaan.

Lantas, apakah peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 wajib mengikuti trial test?

Baca juga: Kisi-kisi Tes Core Values BUMN atau AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Trial test bersifat wajib

Direktur Eksekutif FHCI Lieke Roosdianti menyampaikan, trial test bersifat wajib sehingga harus diikuti peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi.

"Trial test wajib," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Lieke mengatakan, ada beberapa alasan mengapa trial test wajib diikuti peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

Pertama, trial test bisa membantu kelaikan laptop atau device yang akan digunakan peserta pada saat melakukan serangkaian tes, seperti TKD, Core Values AKHLAK, dan Wawasan Kebangsaan.

Kedua, trial test juga bisa mengecek kelancaran internet sehingga sesi TKD, Core Values AKHLAK, dan Wawasan Kebangsaan bisa berjalan dengan lancar.

Ketiga, melalui trial test, peserta Rekrutmen Bersama BUMN dapat mengunduh dan menyiapkan Safe Exam Browser (SEB) yang wajib diinstal pada saat TKD dilakukan.

Terakhir, trial test bisa membantu peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 untuk lebih siap menjalani tes online pada tahap berikutnya.

Baca juga: Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Diumumkan Hari Ini

Tak ikut trial test, apakah masih bisa ikut tes online?

Lieke memastikan, peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang tidak mengikuti trial test, tetap bisa mengikuti tes online sesuai jadwal.

"Apabila tidak ikut (trial test), tetap bisa ikut online test," kata Lieke.

Meskipun begitu, Lieke menganjurkan peserta untuk mengikuti trial test sesuai jadwal yang sudah diinformasikan melalui e-mail yang dikirim ke peserta.

Jika peserta melewatkan sesi trial test, FHCI tidak memberikan kesempatan trial test susulan. Begitu juga bagi peserta trial test yang terlambat.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com