Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisi-kisi Tes Core Values BUMN atau AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Kompas.com - 23/04/2024, 14:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rangkaian Rekrutmen Bersama BUMN 2024 akan memasuki tes online tahap pertama yang berlangsung mulai 27 April-4 Mei 2024.

Tes tahap pertama BUMN meliputi berbagai jenis ujian tergantung jenjang pendidikan, yakni tes kompetensi dasar (TKD), tes core values atau AKHLAK, serta tes wawasan kebangsaan.

Jadwal tes dapat disimak pada email terdaftar atau pada menu "Detail Jadwal" di situs pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

Perincian waktu ujian sekaligus hasil seleksi administrasi tersebut telah diumumkan secara bertahap mulai hari ini, Selasa (23/4/2024).

Sebelum melaksanakan tes, tak ada salahnya untuk memahami materi yang akan diuji, termasuk mengenai apa itu core values BUMN atau AKHLAK.

Lalu, apa itu core values BUMN dan bagaimana kisi-kisinya?

Baca juga: Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Diumumkan Hari Ini


Mengenal core values BUMN

Core values BUMN adalah nilai-nilai utama yang harus senantiasa menjadi pedoman setiap insan atau sumber daya manusia (SDM) di lingkungan BUMN.

Oleh karena itu, seluruh SDM BUMN harus menanamkan dan mengedepankan core values dalam bekerja.

Core values tertuang dalam Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-Nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia BUMN tertanggal 1 Juli 2020.

Nilai-nilai utama BUMN ini terdiri dari enam poin, yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif atau disingkat dengan AKHLAK.

Melalui tes online tahap pertama Rekrutmen Bersama BUMN 2024, peserta akan diuji untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman dan pengetahuan terkait prinsip dan nilai utama BUMN.

Baca juga: Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Wajib Instal Aplikasi SEB, Ini Link dan Caranya

Kisi-kisi core values BUMN 2024

Komisaris Utama Telkom Bambang Brodjonegoro bersama Dewan Komisaris Telkom (sisi kiri) serta Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah bersama Dewan Direksi Telkom (sisi kanan) saat Deklarasi Komitmen Insan TelkomGroup untuk menjalankan core values AKHLAK secara sungguh-sungguh dalam acara Peringatan 1 Tahun AKHLAK bertema ?Bagiku & Keluargaku? secara virtual. Momen peringatan ini juga diikuti secara virtual oleh Serikat Karyawan, dan Srikandi TelkomGroup serta disaksikan melalui live streaming oleh seluruh insan dan milenial TelkomGroup beserta keluarga pada Kamis (29/7/2021).
DOK. Humas Telkom Komisaris Utama Telkom Bambang Brodjonegoro bersama Dewan Komisaris Telkom (sisi kiri) serta Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah bersama Dewan Direksi Telkom (sisi kanan) saat Deklarasi Komitmen Insan TelkomGroup untuk menjalankan core values AKHLAK secara sungguh-sungguh dalam acara Peringatan 1 Tahun AKHLAK bertema ?Bagiku & Keluargaku? secara virtual. Momen peringatan ini juga diikuti secara virtual oleh Serikat Karyawan, dan Srikandi TelkomGroup serta disaksikan melalui live streaming oleh seluruh insan dan milenial TelkomGroup beserta keluarga pada Kamis (29/7/2021).

Merujuk Surat Edaran Menteri BUMN SE-7/MBU/07/2020, AKHLAK diterapkan pada seluruh SDM, mulai direksi, dewan komisaris atau pengawas, manajemen, dan pegawai.

Tak hanya di lingkungan BUMN, nilai utama ini juga wajib diterapkan pada anak perusahaan serta perusahaan afiliasi terkonsolidasi dengan BUMN.

Biasanya, soal tes core values BUMN mengharuskan peserta untuk memilih perilaku yang mencerminkan salah satu sifat AKHLAK.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com