Memahami Potensi Penularan Covid-19 di Ruang Tertutup dengan Ventilasi Kurang Baik

Kompas.com - 07/11/2020, 09:07 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19, pasien virus corona, isolasi mandiri Shutterstock/KhosroIlustrasi pasien Covid-19, pasien virus corona, isolasi mandiri

KOMPAS.com - Penyebaran dan penularan virus corona bisa terjadi melalui percikan droplet dari mereka yang positif Covid-19 dan menempel di permukaan benda atau terpapar di udara.

Dengan potensi penyebaran virus corona melalui udara, masyarakat diimbau untuk lebih berhati-hati dan taat protokol kesehatan, terutama ketika berada di ruang tertutup dengan ventilasi kurang baik. 

Hal ini juga diungkapkan oleh Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono. 

Saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu, Pandu mengatakan, tidak ada patokan berapa jam virus dapat bertahan di tempat atau ruang yang tertutup.

"Sebenarnya jam itu kan relatif, tapi lama bisa beberapa jam karena angka itu bervariasi ada yang bilang 6 jam, ada yang bilang 4 jam tergantung seberapa banyak virusnya," ujar Pandu.

Pandu mengatakan, potensi penularan berkurang ketika si pembawa virus tidak berbicara, bersin, batuk, dan mematuhi protokol kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengingatkan, penularan terjadi melalui droplet yang mengandung virus dan melayang-layang di udara pada ruangan tanpa ventilasi yang baik.

"Jadi, bukan virusnya (yang menularkan). Nah dropletnya ini, karena virus kan tidak bisa jalan-jalan," ujar Pandu.

Menurut dia, ketika droplet masih berada di udara di ruangan tertutup atau tidak berventilasi baik dan terhirup orang lain, di situlah terjadi proses penularan.

"Nah yang melayang-layang itu, kalau ada orang yang berbicara dan kita di situ enggak pakai masker, bisa terinfeksi," lanjut dia.

Baca juga: Alami Gelombang Ketiga, Jepang Laporkan 1.054 Kasus Corona dalam Sehari

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X