[HOAKS] CDC Menyatakan Covid-19 Tidak Menyebar lewat Udara

Kompas.com - 26/10/2020, 14:27 WIB
Ilustrasi hoaks. ThinkstockIlustrasi hoaks.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial bahwa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyatakan bahwa virus Covid-19 tidak pernah menyebar ke udara sehingga penggunaan masker tidak diperlukan.

Narasi itu tidak benar.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menegaskan, ada kemungkinan Covid-19 menyebar melalui tetesan dan partikel di udara.

Ada juga bukti yang berkembang bahwa tetesan dan partikel di udara dapat tetap melayang di udara dan dihirup orang lain.

CDC juga merekomendasikan penggunaan masker untuk menahan sebaran Covid-19.

Narasi yang Beredar

Narasi bahwa CDC menyatakan virus Covid-19 tidak pernah menyebar ke udara dan masker tidak berguna disebaran beberapa akun Facebook.

Salah satunya, Nelli Niloufar Holden. Pada 18 Oktober 2020 dia menulis status sebagai berikut:

"CDC Says Virus Was Never Airborne Rendering Masks Worhtless"

Status Facebook soal CDC menyatakan virus Covid-19 tidak menyebar lewat udara.Facebook Status Facebook soal CDC menyatakan virus Covid-19 tidak menyebar lewat udara.

Status akun Facebook Brandy Nicole pada 28 September 2020 juga mengedarkan narasi yang sama.

Penelusuran

CDC pada 18 September 2020 menulis di situs web CDC bahwa ada kemungkinan Covid-19 dapat menyebar melalui tetesan dan partikel di udara yang terbentuk ketika pengidap Covid-19 batuk, bersin, bernyanyi, berbicara, atau bernapas.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X