Sudah Mati, Sisa Virus Masih Bisa Terdeteksi Alat Tes PCR dalam Jangka Waktu Lama

Kompas.com - 10/10/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi virus corona penyebab Covid-19 SHUTTERSTOCK/creativenekoIlustrasi virus corona penyebab Covid-19

KOMPAS.com - Seseorang yang terinfeksi virus corona dapat dinyatakan sembuh, salah satunya apabila telah menjalani tes swab Polymerase Chain Reaction ( PCR) dan menunjukkan hasil negatif. 

Masa penyembuhan seseorang yang positif terinfeksi Covid-19 berbeda-beda tergantung dengan kondisi imunitasnya.

Ada yang hanya perlu satu-dua pekan saja. Namun ada pula yang memerlukan waktu cukup panjang, hingga berminggu-minggu untuk akhirnya dinyatakan negatif dari virus ini.

Hal ini salah satunya karena hasil PCR yang masih menunjukkan positif Covid-19, meski penderita atau pasien (bukan OTG) sudah dalam kondisi yang sehat dan tidak memiliki keluhan. 

Baca juga: WHO Perbarui Kriteria Pasien Sembuh Covid-19, Tidak Perlu Dua Kali Swab Negatif

Fragmen virus mati masih terdeteksi

Ahli Epidemiologi dari Univesitas Airlangga Surabaya (Unair), Windu Purnomo menjelaskan, seseorang yang kondisinya membaik, namun kadang masih dites positif Covid-19 karena adanya fragmen yang tersisa dari virus corona yang sudah mati masih terdeteksi alat tes. 

Menurut Windu, pasien ini sudah tidak memiliki virus aktif, hanya sisa-sisa virus masih terdeteksi oleh PCR.

"Kalau dilihat di PCR-nya kadang-kadang masih positif. Padahal itu virus yang sudah mati, tinggal fragmen-fragmennya," kata Windu, dihubungi Jumat (9/10/2020).

Oleh karena itu, ada istilah Cycle trasehold (Ct) yang akan muncul di hasil tes PCR dan ini bisa menunjukkan apakah virus yang terdeteksi ini masih aktif atau sudah mati.

"Di PCR itu ada yang kita sebut Cycle trasehold, diputar, jadi kalau cycle trasehold-nya tinggi itu menunjukkan sebetulnya yang terdeteksi fragmennya saja, virusnya sudah mati," jelas Windu.

Untuk itu, bagi pasien yang sudah menunjukkan kondisi baik dan sudah menjalani perawatan panjang namun hasil PCR masih saja menunjukkan positif, maka angka Ct lah yang akan dijadikan rujukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X