Hari Ini dalam Sejarah: Asal Mula Julukan "Uncle Sam" untuk AS

Kompas.com - 07/09/2020, 07:35 WIB
Ilustrasi Paman Sam ShutterstockIlustrasi Paman Sam

KOMPAS.com - Hari ini 207 tahun yang lalu, tepatnya 7 September 1813, Amerika Serikat memperoleh julukannya yang terkenal, Uncle Sam (US) atau Paman Sam.

Julukan itu biasanya diasosiasikan dengan tokoh kartun yang berambut putih panjang, berjanggut, serta mengenakan mantel, rompi, topi tinggi, dan celana panjang bergaris.

Melansir Britannica, asal-usul julukan Uncle Sam atau Paman Sam, meskipun diperdebatkan, biasanya dikaitkan dengan seorang pedagang daging dari Troy, New York, Samuel Wilson.

Wilson dikenal dengan sebutan "Paman Sam" Wilson.

Ia menandai kotak kiriman daging dengan stempel "U.S." yang merupakan singkatan dari United States.

Akan tetapi, para prajurit justru mengartikan singkatan itu sebagai Uncle Sam's.

Mengetahui kesalahpahaman yang unik itu, surat kabar lokal segera memuat kisah itu, dan pada akhirnya julukan Paman Sam pun menyebar luas dan diterima sebagai julukan bagi pemerintah federal AS.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pesawat Mandala Meledak di Medan, 149 Tewas

Banyak versi soal asal-usulnya

Melansir History, kisah unik Sam Wilson dan kesalahpahaman tentara AS pertama kali dipopulerkan dalam artikel di New York Gazette pada 1830.

Pada 1961, Kongres AS mengeluarkan resolusi yang mengakui Wilson sebagai "nenek moyang simbol nasional Amerika 'Paman Sam'".

Meski demikian, banyak peneliti modern meragukan kebenaran cerita tersebut.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X