[HOAKS] Pertamina Bagi-bagi Hadiah Uang Tunai Ratusan Juta Rupiah

Kompas.com - 06/09/2020, 20:57 WIB
Informasi penipuan mengatasnamkan Pertamina. PertaminaInformasi penipuan mengatasnamkan Pertamina.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Informasi yang menyebutkan PT Pertamina membagikan hadiah uang tunai sebesar ratusan juta rupiah dibagikan sejumlah akun di media sosial.

Narasi pesan yang beredar beragam. Ada yang menyebutkan hadiah berupa cek tunai sebesar Rp 100 juta. Narasi lainnya, Rp 150 juta.

PT Pertamina (Persero) membantah kabar tersebut. Informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Narasi yang beredar

Akun Twitter @penyihirlaut pada Selasa (1/9/2020) melayangkan twit soal program PT Pertamina Persero membagikan uang tunai Rp 150 juta.

Berikut narasi dalam unggahan twitnya:

"Selamat..!Anda T-pilih
Dlam Program PT.Pertamina Persero
Mndptkan Cek.Tunai Rp150jt
KODE ID 385ua27
U/info cek di
https://bit.ly/info-pertamina..."

Ketika tautan tersebut dibuka, halaman yang muncul menyebut bahwa blog telah dihapus.

Isi twit di akun @imnanaas hampir sama dengan akun @penyihirlaut. Bedanya, pada twit @imnanaas hadiah cek tunai sebesar Rp 100 juta.

Begitu juga dengan akun Twitter @Teolukmanulh dan akun @gunnxpatn.

Keduanya mengirimkan twit hadiah dari Pertamina dan membagikan tautan, tetapi tidak menyebut besaran nilai hadiah.

Bantahan Pertamina

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menegaskan bahwa kabar seperti yang dilayangkan sejumlah akun di atas tidak benar atau hoaks.

"Bagi masyarakat yang mendapat pesan pribadi memenangkan undian tertentu dari Pertamina, baik melalui SMS atau WhatsApp maupun e-mail, segera menghubungi call center 135 untuk memastikan kebenaran tersebut," katanya, Minggu (6/9/2020).

Program promosi Pertamina disampaikan melalui saluran komunikasi resmi perusahaan, yakni website www.pertamina.com, akun media sosial @pertamina.com, serta aplikasi resmi MyPertamina.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, kabar di media sosial soal Pertamina bagi-bagi hadiah uang tidak benar.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X