Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kalori? Berikut Manfaat dan Jumlah yang Direkomendasikan bagi Tubuh

Kompas.com - 15/05/2024, 08:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Dalam nutrisi, kalori mengacu pada energi yang diperoleh seseorang dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya, serta energi yang digunakan dalam aktivitas fisik.

Dikutip dari laman Live Science, kalori adalah satuan energi yang disediakan oleh makanan atau minuman. Ia dibutuhkan oleh tubuh untuk digunakan sebagai energi.

Manusia membutuhkan kalori untuk bergerak, menjaga tubuh tetap hangat, tumbuh, bekerja, dan berpikir. Bahkan peredaran darah dan pencernaan membutuhkan energi yang diperoleh dari kalori agar dapat berfungsi dengan baik.

Makanan tertentu, seperti makanan berlemak, gorengan, atau olahan, cenderung memiliki lebih banyak kalori.

Sementara makanan seperti buah dan sayur segar, cenderung memiliki kalori lebih sedikit. Meski ada beberapa buah dan sayuran sehat mengandung kalori tinggi.

Baca juga: Jalan Kaki 45 Menit Membakar Berapa Kalori?


Manfaat kalori bagi tubuh

Kalori memiliki peran penting bagi manusia karena tubuh membutuhkan kalori untuk bertahan hidup. Tubuh menggunakan energi dari kalori untuk dapat berfungsi dengan baik.

Dilansir dari laman Medical News Today, tanpa energi sel-sel dalam tubuh akan mati, jantung dan paru-paru bisa berhenti berfungsi, dan organ-organ tidak mampu menjalankan proses dasar yang diperlukan untuk hidup.

Jika manusia mengonsumsi sejumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari, mereka berpotensi memiliki kehidupan yang sehat.

Baca juga: 7 Kegiatan Sehari-hari yang Bisa Bakar Kalori, Jadi Alternatif Olahraga

Sebab, konsumsi kalori yang terlalu rendah atau terlalu tinggi berisiko menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Mengetahui jumlah kalori dalam makanan yang dikonsumsi bisa membantu Anda tahu seberapa besar potensi energi yang dikandungnya.

Misalnya nilai kalori dari tiga komponen utama makanan adalah: 1 gram karbohidrat mengandung 4 kkal, 1 gram protein mengandung 4 kkal, dan 1 gram lemak mengandung 9 kkal.

Baca juga: 5 Menu Oatmeal Rendah Kalori, Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Berapa banyak kalori yang dibutuhkan?

Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.Shutterstock/Kamil Zajaczkowski Jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Informasi kalori makanan umumnya diberikan dalam satuan kkal (kilokalori), atau sering kali diberikan dalam satuan kJ (kilojoule) untuk bentuk energi lainnya.

Tata-rata pria membutuhkan 2.500 kkal sehari, sedangkan rata-rata wanita membutuhkan 2.000 kkal sehari, menurut Layanan Kesehatan Nasional UK (NHS).

Namun, jumlah tersebut mungkin berbeda berdasarkan pada faktor usia, berat dan tinggi badan, serta seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan.

Baca juga: Berapa Langkah Jalan Kaki untuk Membakar Kalori?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com