Hari Ini dalam Sejarah: Kebakaran Besar London Terjadi, 13.200 Bangunan Hancur

Kompas.com - 02/09/2020, 08:35 WIB
Sebuah gedung apartemen berlantai 27 di London terbakar pada Rabu (14/6/2017). Giulio Thuburn / AFPSebuah gedung apartemen berlantai 27 di London terbakar pada Rabu (14/6/2017).

KOMPAS.com - Hari ini 354 tahun yang lalu, atau tepatnya pada 2 September 1666, kebakaran besar terjadi di London.

Dikutip History, percikan api dimulai pada Minggu, 2 September 1666, dari sebuah toko roti Pudding Lane milik Thomas Farriner.

Sebelum tidur malam itu, Farriner telah melakukan pemeriksaan akhir di toko rotinya dan menyapu bara api di ovennya. Terakhir dia membuat biskuit kapal untuk angkatan laut Raja Charles II.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pangeran Charles Resmi Bercerai dengan Putri Diana

Farriner bersumpah bahwa oven telah padam ketika dia beranjak ke lantai atas apartemen. Tetapi, sepertinya bara belum padam dan menyalakan api.

Sekitar pukul 1 dini hari, Farriner terbangun dan mendapati rumahnya terbakar. Dia dan putrinya selamat dengan keluar dari jendela lantai atas dan merangkak di selokan menuju rumah tetangga.

Pelayannya melarikan diri juga. Meski ada satu pelayan wanita muda yang tewas karena asap dan api.

Baca juga: Beberapa Catatan soal Resesi Inggris...

Kebakaran hebat

Pada saat Farriner bergabung dengan kerumunan yang berkumpul di Pudding Lane, api telah menghabiskan sebagian besar rumahnya.

Beberapa tetangga membentuk brigade dan menyiramkan air dengan ember. Tapi kebanyakan hanya berdiri diam atau bergegas pulang untuk mengamankan barang berharga mereka.

Kebakaran hebat dipicu oleh angin timur yang kuat. Api dari toko roti segera menyebar ke bangunan lain di Fish Street. Sebuah hotel bernama Star Inn juga terbakar.

Baca juga: Analisis BMKG soal Puncak Kemarau di Bulan September...

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X