5 Fakta tentang Mugabe yang Belum Pernah Terkuak Publik

Kompas.com - 06/09/2019, 20:28 WIB
Mantan presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. AFP / JEKESAI NJIKIZANAMantan presiden Zimbabwe, Robert Mugabe.

KOMPAS.com - Mantan presiden Zimbabwe, Robert Mugabe meninggal dunia di usia 95 tahun karena sakit yang dideritanya sejak lama, Jumat (6/9/2019).

Bapak pendiri negara ZImbabwe itu juga sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura sejak April lalu.

Pria bernama lengkap Rober Gabriel Mugabe ini merupakan presiden dengan masa jabatan terlama sejak Zimbabwe masih bernama Republik Rhodesia.

Mugabe merupakan sosok yang kontroversial. Meski dianggap sebagai pahlawan pembebasan Afrika, dia justru dituduh sebagai diktator di negaranya sendiri.

Ada banyak fakta menarik mengenai Mugabe yang belum sempat terkuak publik. Berikut sejumlah fakta yang berhasil dirangkum Kompas.com, seperti dilansir dari The South African.

1. Berasal dari keluarga yang "berantakan"

Mugabe berasal dari keluarga yang sangat jauh dari kata ideal. Ia diketahui memiliki dua kakak lelaki.

Ketika kakak keduanya wafat pada tahun 1934, sang ayah meninggalkan keluarganya. Ibunya kemudian kembali menikah dengan lelaki yang sangat fanatik pada agama Katolik. Karena ayah tirinya itu, Mugabe sempat menempuh pendidikan di sekolah Yesuit agar tumbuh sesuai dengan iman Katolik.

2. Peraih gelar doktor honoris causa

Pendidikan selalu memainkan peran penting dalam semua kebijakan sosial Mugabe. Ia berhasil memberantas angka buta huruf di Zimbabwe hingga 90 persen.

Mugabe memiliki tujuh gelar, termasuk Sarjana Hukum dan Magister Hukum dari University of London. Ia juga memperoleh gelar di bidang ekonomi, pendidikan dan administrasi.

Mugabe pernah mendapat gelar doktor honoris causa dari University of Massachusetts dan Michigan State University.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X