Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Fakta Menarik yang Jarang Diketahui tentang Kucing Putih

KOMPAS.com - Kucing putih bagi kebanyakan orang adalah hewan peliharaan yang menarik karena memiliki warna yang sepenuhnya putih.

Kucing putih termasuk hewan peliharaan yang dianggap memiliki kepribadian penyayang, tenang, dan cerdas.

Apalagi kucing yang memiliki warna putih penuh jumlahnya sangat sedikit dan cukup langka. Jadi, Anda cukup beruntung ketika memiliki kucing berbulu putih.

Berikut adalah sejumlah fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang kucing putih:

1. Beberapa kucing putih tuli

Dilansir dari laman the Spruce Pets, faktor genetik pemberi warna bulu putih dan mata yang unik juga dapat menyebabkan ketulian total atau sebagian pada banyak kucing putih.

Dan hal ini sangat mungkin terjadi pada kucing putih dengan mata biru, karena genetika yang terkait dengan bulu putih juga terkait dengan ketulian.

Pada kucing putih dengan satu mata biru dan satu mata berwarna lain, tidak jarang telinga di "sisi biru" kurang pendengarannya.

Kucing putih umumnya memiliki warna mata yang unik. Ini disebabkan karena warna mata kucing juga terkait dengan produksi melanin dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, kucing putih bisa memiliki beragam warna mata yang mencolok, seperti biru, hijau, kuning, jingga, atau kombinasi warna.

3. Kucing putih bukan albino

Kucing berbulu putih dan kucing albino bukanlah hal yang sama. Ada perbedaan utama, yakni kucing putih hanya memiliki gen yang dikodekan untuk bulu putih.

Sedangkan kucing dengan kondisi albinisme adalah kondisi genetik yang menyebabkan kurangnya pigmentasi warna pada kulit, bulu, dan mata.

Tidak seperti kucing hitam yang dianggap sebagai simbol sial, kucing putih melambangkan keberuntungan dan nasib baik dalam beberapa budaya di seluruh dunia.

Kucing Pemanggil Jepang (Maneki Neko) yang terkenal paling sering digambarkan sebagai kucing putih.

Berasal sekitar tahun 1870, patung-patung ini ditempatkan di dekat pintu masuk rumah dan bisnis untuk membawa keberuntungan.

5. Ras Persia putih adalah yang paling populer

Kucing putih yang paling mencolok dan cukup populer adalah ras Persia. Bulunya yang panjang dan halus, serta mata yang besar membuat mereka sangat digemari.

Jika Anda memiliki kucing Persia putih, maka perawatan rutin adalah kuncinya. Jika tidak, bulu panjangnya akan mudah kotor dan kusut.

Dilansir dari laman PetKeen, kucing putih tidak hanya berasal dari satu ras kucing. Jenis apa pun dapat menghasilkan kucing dengan warna putih.

Faktor yang menyebabkan kucing memiliki warna putih adalah “gen W” dominan yang diturunkan dari induk kucing ke anak kucing.

7. Sangat jarang ada kucing putih murni

Dari populasi umum, kucing putih hanya berjumlah sekitar 5 persen. Misalkan Anda memiliki kucing putih total, Anda termasuk sedikit orang yang beruntung memilikinya.

Kucing putih murni adalah hewan peliharaan yang langka dan paling tidak umum, tidak seperti jenis kucing lain dari berbagai jenis warna seperti tortoiseshell, tabby, dan calico.

Ternyata kucing putih sebenarnya tidak benar-benar memiliki warna, terutama karena mereka kekurangan melanin.

Melanin adalah faktor yang memberi warna pada kucing, dan karena kucing memiliki "gen W" dominan, ia mengikis warna asli kucing.

Bahkan mata biru kucing itu sebenarnya tidak biru, itu hanya karena mereka kekurangan warna aslinya, yang terganggu pembentukannya karena adanya "gen W".

https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/19/141500965/8-fakta-menarik-yang-jarang-diketahui-tentang-kucing-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke