Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Resep Kopi Unik di Berbagai Negara, Ada Es Kopi Alpukat Indonesia

Hal ini terlihat dari menjamurnya kedai kopi atau coffee shop yang bisa dijumpai di banyak tempat di berbagai negara. Tak hanya itu, kopi saat ini juga banyak dikreasikan sebagai minuman yang unik.

Beberapa orang sering kali menambahkan bahan-bahan tertentu untuk memperkuat cita rasa atau mengurangi cita rasa pahit dari kopi tersebut. Biasanya, orang akan menambahkan susu, gula, krimer, lemon, hingga soda.

Berikut ini beberapa resep kopi unik dan lezat di berbagai dunia yang mungkin bisa Anda coba buat di rumah.

1. Ca phe trung, Vietnam

Dilansir dari Lifestyleasia, sa phe trung atau kopi telur adalah salah satu resep kopi yang banyak digemari di Vietnam dan beberapa negara di Asia Selatan.

Resep untuk membuat ca phe trung menggunakan kuning telur dan susu kental manis yang dikocok sampai menjadi lembut.

Setelah itu, kocokan telur dan susu tersebut dituangkan ke atas espresso panas atau es kopi.

2. Oliang, Thailand

Oliang adalah salah satu resep kopi tradisional khas Thailand yang dibuat dengan ramuan wangi dari biji arabika, kapulaga, wijen, jagung, kedelai, dan beras. Selain itu, resep kopi ini juga menggunakan susu kental manis.

Kopi oliang menggabungkan kata "O" yang diterjemahkan menjadi hitam dan "Liang", yang berarti sesuatu yang dingin.

Jenis kopi ini dapat ditemukan di hampir setiap kafe dan restoran di Thailand. Untuk cita rasanya sendiri, kopi oliang memiliki rasa yang manis.


3. Cortado, Spanyol

Cortado adalah salah satu minuman kopi populer yang berasal dari Spanyol.

Cortado memadukan keseimbangan antara espresso dan susu kukus. Kombinasi ini memungkinkan susu untuk memberikan rasa lembut dan mengaburkan ketajaman espresso tanpa menghilangkan nuansanya.

Kata Cortado berasal dari kata Spanyol cortar yang berarti "memotong", yang mengacu pada susu yang memotong kopi.

Keseimbangan dalam pembuatan kopi ini ada pada rasio 1:1. Cortado adalah salah satu kopi yang bisa ditemukan di kafe-kafe di seluruh dunia, terutama di eropa.

4. Eiskaffee, Jerman

Eiskaffee adalah resep kopi khas Jerman yang dalam penyajiannya hampir mirip dengan dessert (makanan penutup). Anda bisa menemukan jenis kopi ini saat berada di kafe pinggir jalan di Jerman.

Resep eiskaffee menggunakan kopi, es krim, dan sering kali melibatkan tambahan lain seperti susu evaporasi, serutan cokelat, dan krim kocok. Kopi ini disajikan dalam gelas tinggi dan menjadi sajian pokok pada musim panas di Jerman. 

5. Moka cola, Brasil

Brasil adalah negara penghasil kopi terbesar di dunia, maka tidak mengherankan jika Brasil memiliki budaya minum kopi yang sangat berkembang pesat.

Ada salah satu minuman musim panas yang populer di wilayah tersebut, yaitu moka cola. Seperti namanya, moka cola memadukan kopi kental dengan susu cokelat dan minuman cola.

Meskipun itu tampak tidak biasa, namun kopi ini bisa memberikan sensasi menyegarkan pada musim panas di Brasil.

Selain iyu, moka cola juga bisa dilengkapi dengan es krim, krim kocok atau bisa juga disajikan dalam keadaan beku seperti yang dilakukan banyak restoran di Brasil.

Minuman ini sering dikonsumsi sebagai camilan sore hari. Selain itu, resepnya juga terbilang mudah, hanya membutuhkan gula aren, espresso, es serut (bisa diganti es batu), susu kental manis, dan sirup cokelat.

7. Mazagran, Portugal

Terakhir, ada kopi mazagran yang berasal dari Portugal. Kopi ini menggabungkan es kopi dengan jus lemon atau soda lemon.

Sering disebut kopi es asli, resep kopi ini memiliki rasa espresso yang kuat yang berpadu dengan keasaman lemon.

Menurut legenda, jus lemon awalnya ditambahkan untuk meningkatkan cita rasa biji kopi berkualitas rendah.

Namun, kini minuman tersebut menjadi favorit penduduk setempat. Selain lemon, saat ini mazagran juga ditambahkan dengan gula putih dan madu untuk mempermanis rasa kopi tersebut.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/16/073000165/7-resep-kopi-unik-di-berbagai-negara-ada-es-kopi-alpukat-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke