Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Menjelang Tidur, Picu Mimpi Buruk dan Asam Lambung

Dilansir dari Indian Express (5/11/2020), ada beberapa makanan yang bisa merusak kualitas tidur jika dikonsumsi menjelang kita memejam di malam hari.

Selain itu, beberapa makanan ini juga bisa menganggu saluran cerna, memicu perut begah di pagi hari dan memancing asam lambung kambuh. Hal ini bisa terjadi jika beberapa jenis makanan ini dikonsumsi menjelang waktu tidur.

Apa saja makanan tersebut?

1. Brokoli dan bunga kol  

Sayuran seperti brokoli, kubis dan bunga kol penuh nutrisi, namun sebaiknya tak dikonsumsi menjelang tidur.

Jenis sayuran ini kaya serat sehingga susah dicerna oleh tubuh. Karena proses pencernaan lama, maka tubuh tak akan bisa masuk ke fase tidur nyenyak dengan cepat.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi brokoli mendekati waktu tidur, maka proses perombakan makanan yang tak maksimal juga bisa memicu sensasi seperti perut begah dan perut terasa penuh di pagi hari.

2. Es krim

Masih dari sumber yang sama, Indian Express, Anda juga sebaiknya tak mengonsumsi es krim dan aneka kudapan tinggi gula menjelang tidur.

Es krim tinggi kadar gula, dan saluran cerna membutuhkan waktu lebih lama untuk memroses zat gula.

Jadi ketika dikonsumsi menjelang tidur, es krim akan membuat tubuh susah beristirahat dengan nyenyak karena perut masih terus mencerna makanan ketika kita mencoba tidur.

3. Makanan pedas

Jangan mengonsumsi makanan pedas jelang tidur.

Dilansir dari Mind Body Green (6/5/2022), cabai mengandung senyawa capsaicin yang berefek meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori melalui panas tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi makanan pedas menjelang tidur, maka capsaicin yang ada bisa membuat tubuh terus "terjaga". Akibatnya, tidur pulas susah didapatkan.

4. Gorengan

Makanan gorengan mengandung lemak jenuh yang susah diproses oleh usus.

Jika dikonsumsi menjelang tidur, gorengan bisa memicu gangguan perut seperti perut begah.

5. Cokelat

Kafein di dalam cokelat tak setinggi kafein di dalam kopi. Meskipun begitu, jika Anda melahap cokelat dalam takaran tinggi, maka tumpukan kafein yang ada tetap bisa menganggu kualitas tidur.

Cokelat mendongkrak semangat dan membuat otak terjaga. Sehingga Anda akan susah mencapai tidur nyenyak.

Selain itu, ketika Anda terlelap dengan otak masih setengah bekerja, maka ada risiko mimpi buruk yang bisa terjadi.

6. Tomat

Tomat mengandung tyramine, sejenis asam amino yang bertugas meningkatkan aktivitas di dalam otak. Ketika otak dalam kondisi aktif, maka kantuk akan menghilang pergi.

Selain itu, tomat dan buah-buahan asam lainnya seperti jeruk juga bisa meningkatkan kadar asam dalam lambung dan memicu heartburn, gejala asam lambung.

Hal ini terjadi ketika Anda mengonsumsi buah-buahan tersebut menjelang tidur, sehingga proses pencernaan tak akan berjalan maksimal.

Itulah enam jenis makanan yang sebaiknya dihindari menjelang tidur. Selain bisa menurunkan kualitas tidur, juga bisa memicu asam lambung kambuh.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/12/31/210000365/makanan-yang-sebaiknya-dihindari-menjelang-tidur-picu-mimpi-buruk-dan-asam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke