Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Perbedaan People Water's Forum dan World Water Forum, Sama-sama Digelar di Bali Tahun Ini

Kompas.com - 25/05/2024, 17:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Forum air dunia People Water's Forum dan World Water Forum 2024 sama-sama diselenggarakan di Denpasar, Bali, pada Mei 2024.

World Water Forum (WWF) ke-10 dengan tema Water for Shared Prosperity diadakan di Bali, pada 18-25 Mei 2024. Sementara People Water's Forum (PWF) digelar di Bali, pada 21-23 Mei 2024.

Untuk diketahui, People Water's Forum 2024 yang diselenggarakan di Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar, Bali, Senin (20/5/2024), disorot setelah acaranya dibubarkan ormas Patriot Garuda Nusantara (PGN). 

Sejumlah orang lantas ada yang salah mengira acara tersebut serupa dengan World Water Forum.

Meskipun sama-sama forum air kelas dunia dan digelar di Bali tahun ini, tapi keduanya memiliki perbedaan dalam pelaksanaannya.

Baca juga: Menlu AS, Rusia, dan China Pakai Batik di Forum East Asia Summit, Apa Motif yang Dikenakan?


Perbedaan People Water's Forum dan World Water Forum

Berikut perbedaan People Water's Forum dan World Water Forum yang perlu diketahui:

1. Organisasi pelaksana forum air dunia

World Water Forum (WWF) diselenggarakan oleh World Water Council (WWC). Organisasi internasional ini menyatukan hampir 400 lembaga di dunia.

Dikutip dari laman resminya, WWC berdiri pada 1996 dan berkantor pusat di Marseille, Perancis. Organisasi ini mempunyai 260 organisasi anggota yang berasal dari 52 negara dari lima benua.

WWC memiliki misi untuk meyakinkan para pengambil keputusan menjadikan air sebagai salah satu prioritas dalam kebijakan politik, demi pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan.

Organisasi ini beranggotakan negara-negara dunia serta perusahaan besar (AquaFed, Suez, Coca-Cola, Nestle), lembaga keuangan internasional (Bank Dunia), termasuk organisasi PBB (UNESCO, UNDP).

Sebaliknya, People’s Water Forum (PWF) diadakan jaringan internasional Water Justice Movements.

PWF terdiri dari setidaknya 28 organisasi dunia. Organisasi ini berisi kelompok lingkungan hidup, gerakan sosial, petani skala kecil, serikat pekerja, dan pembela hak asasi manusia di seluruh dunia.

Baca juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah GPDRR, Apa Itu Forum GPDRR?

2. Kegiatan forum air dunia

Logo People's Water Forum 2024.Dok. People's Water Forum Logo People's Water Forum 2024.
WWF diselenggarakan setiap tiga tahun sekali antara anggota WWC dan negara tuan rumah. Forum ini kali pertama digelar pada 1997 di Marrakech, Maroko. World Water Forum kemudian menjadi acara internasional terbesar yang membahas air.

Forum ini mempertemukan peserta dari bidang politik, lembaga multilateral, akademisi, masyarakat sipil, dan sektor swasta untuk membahas tata kelola, pengelolaan, dan penyediaan air dunia.

Dilansir dari situs resmi People's Water Forum, forum air tandingan PWF diadakan kali pertama di Bali, pada 2024. Tema awal yang diusung kali itu Water for Life, Not Profit.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com