Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Titik Macet di Jateng, Jabar, Jatim, hingga Sumatera Selama Mudik Lebaran 2022

KOMPAS.com - Masyarakat sudah diperbolehkan untuk melakukan mudik lebaran 2022 setelah sebelumnya selama 2 tahun masyarakat diimbau untuk tidak mudik akibat adanya pandemi Covid-19.

Salah satu yang dikhawatirkan ketika mudik Lebaran adalah keharusan melewati kondisi jalanan yang macet akibat banyaknya para pemudik yang ingin pulang kampung.

Titik lokasi potensi macet di Jawa dan Sumatera

Bagi Anda yang akan melakukan mudik, berikut ini sejumlah titik yang perlu diwaspadai lantaran berpotensi menimbulkan kemacetan baik di jalur lalu lintas Jawa maupun Sumatera:

1. Jawa

a. Banten

Dikutip dari Kompas.com, 21 April 2022, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi menyampaikan adanya sejumlah titik rawan kemacetan di wilayah Banten.

Adapun titik rawan kemacetan untuk Banten yakni berada di pasar, exit/entry Tol Bitung, exit/entry Tol Balaraja Barat, Pertigaan Asem, Pertigaan Cilegon, Modern Cikande, Terminal Pakupatan, Simpang Kebon Jahe, Alun-alun Kramat Watu, Pelabuhan Merak, Pertigaan Labuan, Lampu Merah Malang Nengah, Simpang Malimping, dan Terminal Bayah.

b. Jawa Barat

Untuk wilayah Jawa Barat, perkiraan titik kemacetan terjadi di 6 titik.

Perkiraan kemacetan Jawa Barat tersebut yakni: Pasar Sandang Tegal Gubuk, Pasar Darurat Pasalaran, Pasar Mundu, Pasar Gebang, Pasar Kue Weru, dan Pasar Minggu Palimanan.

Simpul kemacetan dimungkinkan akan terjadi juga di wilayah Sukabumi yakni di Pasar Cicurug dan Simpang Cidahu, kecamatan Cicurug.

Selain itu kemacetan di Sukabumi diperkirakan juga akan terjadi di Simpang Stasiun dan Pasar Parungkuda, Kecamatan Parungkuda.

c. Jawa Tengah

Untuk wilayah Jawa Tengah, Budi menyebut, perkiraan kemacetan yakni di arah Magelang menuju Yogyakarta, Salatiga, Boyolali yang mengarah ke Kartasura.

Sejumlah titik macet lain yakni Pasar Losari, Simpang 3 Pejagan, Pasar Brebes, Terminal Tegal, Pasar Comal, Pasar Wiradesa Jalan Pemalang, Pasar Tumpah dan ruas Jalan Kaligawe di Kota Semarang.

Untuk wilayah Pantura, kemacetan diperkirakan terletak di pasar tumpah Demak dan Jepara, perbatasan Kudus-Pati, Jalan Diponegoro Rembang, Pasar Rembang, Swalayan Luwes Blora, dan Pasar Jepon Blora.

Sementara itu, simpul kemacetan lain di Jawa Tengah yakni di:

d. Jawa Timur

Dikutip dari laman NTMC Polri, kemacetan di Jawa Timur yang diwaspadai ada pada 7 titik.

7 titik tersebut merupakan 7 titik pintu tol atau exit tol seperti Tol Sidoarjo, Tol Kejapanan di Waru Gunung, Tol Singosari, dan Tol Pandaan.

e. Tol Trans-jawa

Sejumlah titik Tol Trans – Jawa yang diperkirakan akan mengalami kemcaetan antara lain Km 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah ke Purbaleunyi, Gerbang Tol Cikampek Utama Tol Japek, Gerbang Tol Kalikangkung Tol Semarang-Solo, dan Gerbang Tol Banyumanik Tol Semarang-Solo.

Sejumlah tempat peristirahatan (rest area) diperkirakan juga akan memicu terjadinya kemacetan.

Karena itulah waktu singgah akan dibatasi bagi yang masuk kawasan rest area tol Trans-Jawa.

2. Sumatera

a. Jalan Tol Trans-Sumatera

Dikutip dari Kompas.com, 23 April 2022, titik kemacetan diprediksi akan terjadi di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Selain itu, kemacetan juga berpotensi terjadi pada ruas Terbanggi Besar-Pematang Pangggang-Kayu Agung.

Selain itu dimungkinkan juga terjadi di ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-SS Kramasan).

b. Jalan Lintas Sumatera

Di sepanjang Lintas Sumatera, kemacetan rentan terjadi di perbatasan Riau dengan Sumatera Utara di daerah Kabupaten Rokan Hilir.

Selain itu juga di Jalan Lintas Sumatera perbatasan Riau dengan Sumatera Barat di Kabupaten Kampar.

Adapun titik ketiga diprediksi alami kemacetan yakni di Jalan Lintas Sumatera perbatasan Riau dengan Jambi di Kabupaten Indragiri Hilir.

c. Sumatera Barat

Di Sumatera Barat, titik kemacetan kemungkinan terjadi di Simpang Piladang dan Pasar Baso.

Selain itu perlu mewaspadai kemacetan di arah Padang yang diprediksi terjadi di Pasar Koto Baru dan Pasar Padang Luar.

Titik lain yakni di obyek wisata Lembah Anai dan Pasar Lubuk Alung menjelang masuk kota Padang.

Titik lainnya adalah kawasan Pesisir Selatan yang diprediksi terjadi di Simpang Gaung Teluk Bayur dan sepanjang ruas jalan Tarusan-Painan.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/27/090500665/daftar-titik-macet-di-jateng-jabar-jatim-hingga-sumatera-selama-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke