Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolchah Hasan, Menteri Agama dalam Kabinet Persatuan

Kompas.com - 13/09/2022, 13:30 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - KH Tolchah Hasan adalah ulama, tokoh pendidikan, pegiat organisasi, dan politikus yang aktif di pemerintahan.

Sebagai ulama sekaligus tokoh Nahdlatul Ulama (NU), ia juga merintis sejumlah lembaga pendidikan yang berbasis Islam.

Di pemerintahan, Tolchah Hasan dikenal sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Persatuan Nasional pada masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Selama menjabat sebagai menteri agama, Tolchah Hasan dikenang atas jasanya dalam menangani sekaligus mengembangkan terkait zakat dan wakaf di Indonesia.

Berikut biografi KH Tolchah Hasan.

Baca juga: Biografi Achmad Soebardjo, Menteri Luar Negeri Pertama Indonesia

Lahir dan besar di Jawa Timur

KH Muhammad Tolchah Hasan lahir di Tuban, Jawa Timur, pada 10 Oktober 1936.

Sejak kecil, Tolchah Hasan ikut kakek dan neneknya di Lamongan karena sang ayah meninggal.

Ia dibesarkan dalam keluarga dengan ilmu agama Islam yang mendalam. Pendidikannya dimulai di Sekolah Rakyat (SR) dan Madrasah Ibtidaiyah di Lamongan.

Tolchah Hasan kemudian menempuh pendidikan di Tarbiyatul Waton (Gresik), sebelum akhirnya lanjut ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas dan Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang.

Di Pondok Pesantren Tebuireng inilah Tolchah Hasan belajar banyak kitab ke banyak kiai.

Beberapa kitab yang ia pelajari adalah Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Chozin, Tafsir Jalalain, Tafsir Fatkhul Wahab, Fiqh Kifayatul Ahyar, ilmu nahwu, hadis, sorof, ushul fikih, ilmu hisab, dan ilmu mantiq.

Sedangkan beberapa kiai yang tercatat pernah menjadi guru Tolchah Hasan adalah KH Adlan Ali, Kiai Baidlowi, KH Mahfud, KH Anwar, KH Sansuri Badawi, KH Samsun, dan KH Idris.

Dari Jawa Timur, Tolchah Hasan sempat belajar di pondok pesantren di Pati, Jawa Tengah, sebelum akhirnya mengajar di Pondok Pesantren Miftakhul Ulum Bungkuk, Malang, dan belajar di perguruan tinggi di Malang.

Baca juga: Tokoh-tokoh Pendiri Nahdlatul Ulama

Tokoh pendidikan dan ulama NU

Selama menempuh pendidikan panjang di pesantren, KH Muhammad Tolchah Hasan juga senang mengikutii organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

Tercatat, ia pernah tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com