Kompas.com - 25/11/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi hubungan saling ketergantungan antarpelaku usaha KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi hubungan saling ketergantungan antarpelaku usaha

KOMPAS.comHubungan saling ketergantungan tercipta antarpelaku usaha. Karena mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan usahanya sendiri, tanpa bantuan atau sumber daya dari pelaku usaha lainnya.

Dikutip dari buku Teori-teori Mengenai Komunikasi Antar-Pribadi (2015) karya Muhammad Budyatna, dengan sikap saling ketergantungan, manusia didorong untuk saling berinteraksi guna membantu atau menyelesaikan kepentingan dirinya.

Sikap saling ketergantungan terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Salah satu contohnya adalah antarpelaku usaha.

Pelaku usaha bisa diartikan sebagai orang atau kelompok usaha yang membuka kegiatan usaha di bidang ekonomi. Tujuan utamanya mencari keuntungan atau laba.

Menurut Muhammad Fajar Hidayat dalam jurnal Tanggung Jawab Pelaku Usaha Transportasi Laut terhadap Penumpang di Provinsi Kepulauan Riau (2017), yang termasuk pelaku usaha adalah perusahaan, pedagang, distributor, BUMN, koperasi, importir, dan lain sebagainya.

Baca juga: Penjelasan Mengenai Saling Ketergantungan dalam Membangun Kehidupan Kebangsaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hubungan saling ketergantungan antarpelaku usaha

Berikut contoh hubungan saling ketergantungan dari petani kapas hingga sampai ke wisatawan. Berikut penjelasannya: 


Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Grafik hubungan saling ketergantungan antarpelaku usaha

Berdasarkan grafik di atas, kita bisa melihat adanya hubungan saling ketergantungan antarpelaku usaha.

Petani kapas menghasilkan kapas yang kemudian dibeli industri benang. Oleh industri tersebut, kapas diolah menjadi benang.

Setelah itu, benang dibeli oleh penjual benang jahit untuk dijual ke masyarakat. Salah satunya penjual gelang benang. Lalu, penjual tersebut membuat atau memproduksi gelang benang untuk dijual, dan kemudian dibeli para wisatawan.

Antarpelaku usaha menjalin hubungan saling ketergantungan karena mereka membutuhkan bantuan, dan sumber daya yang dimiliki pelaku usaha lainnya. Tanpa hubungan saling ketergantungan, para pelaku usaha akan kesulitan dalam menjalankan kegiatan usaha.

Baca juga: Makna Saling Ketergantungan Dalam Wirausaha untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.