Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Manajemen: Unsur dan Tingkatan

Kompas.com - 23/04/2024, 21:30 WIB
Eliza Naviana Damayanti,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi serta penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yan ditetapkan 

Aktivitas manajemen berkaitan dengan pengaturan sumber daya dalam pengelolaan suatu organisasi. 

Agar aktivitas manajemen berjalan dengan lancar, diperlukan kerja keras dari seluruh komponen organisasi

Berikut pembahasan mengenai unsur manajemen dan tingkatan manajemen:

Unsur manajemen

Unsur-unsur manajemen, yaitu:

  • Manusia (Man)

Manusia merupakan unsur manajemen yang paling menentukan. Tanpa manusia tidak ada aktivitas manajemen. Manusia berperan menyusun rencana dan tujuan tertentu. Manusia pula yang melakukan proses manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

  • Uang (Money)

Uang digunakan untuk membiayai tenaga kerja, membeli bahan (material) dan mesin, membiayai kegiatan pemasaran, serta membiayai penelitian metode kerja. 

  • Bahan (Materials)

Bahan (materials) terdiri atas bahan mentah (raw materials), barang setengah jadi, dan barang jadi. Dalam dunia usaha diperlukan bahan berkualitas untuk memperoleh hasil terbaik.

  • Metode (Methods)

Pemanfaatan manusia, uang, dan bahan dalam aktivitas manajemen perlu didukung metode kerja yang efisien. Metode kerja menggambarkan tata cara kerja yang teratur dan tersistem dengan mempertimbangkan aspek sasaran, fasilitas yang tersedia, alokasi waktu, uang, serta kegiatan usaha.

  • Mesin (Machines)

Pemakaian mesin berkaitan dengan penentuan teknik produksi berbasis padat modal. Pemakaian mesin mempermudah proses produksi, mencipta kan efisiensi kerja, serta meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produksi,

Tingkatan manajemen

Dalam konsep manajemen, terdapat beberapa tingkatan, sebagai berikut:

  • Manajemen puncak (Top management)

Manajemen puncak terdiri atas para dewan direktur atau eksekutif. Manajemen puncak harus memiliki keterampilan konsep. Manajemen puncak bertanggung jawab terhadap keseluruhan aktivitas suatu organisasi.

  • Manajemen menengah (Middle management)

Manajemen menengah terdiri atas beberapa tingkatan dalam organisasi. Kumpulan orang yang berada pada tingkat manajemen menengah harus saling bekerja sama, menggerakkan, serta memahami dan memotivasi orang lain, baik secara individu maupun kelompok.

Manajemen menengah menjadi penghubung antara manajemen puncak dan manajemen lini pertama.

  • Manajemen Lini Pertama (First-line management)

Para karyawan yang berada dalam manajemen lini pertama harus memiliki keterampilan teknis. Manajemen lini pertama bertanggung jawab memimpin, dan mengawasi tenaga operasional. Manajemen lini pertama berhubungan langsung dengan tenaga operasional atau karyawan.

Referensi:

  • Arifudin, O. (2020). Manajemen Strategik Teori dan Implementasi. Purwokerto: CV. Pena Persada.
  • Dr. Ahmad Susanto, M. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta Timur: Prenada Media.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com