Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Profesi Terkait Manajemen Perkantoran

Kompas.com - 04/11/2023, 01:30 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Manajemen perkantoran adalah rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan serta pengendalian pekerjaan-pekerjaan perkantoran.

Kegiatan manajemen perkantoran memiliki jangkauan yang luas, sehingga ada berbagai macam profesi yang dapat digeluti dalam bidang manajemen perkantoran.

Berikut profesi yang menyangkut dengan jurusan manajemen perkantoran:

Baca juga: Pekerjaan Kantor: Pengertian dan Fungsinya

Staf administrasi

Tugas dari staff administrasi akan bervariasi antar perusahaan, namun secara umum tugas terpentingnya adalah komunikasi dan organisasi.

Seorang staf administrasi bertanggung jawab dengan hampir semua pekerjaan, maka dari itu kemampuan organisasi yang kuat diperlukan untuk keberhasilan pada profesi ini.

Staff administrasi berperan dalam memudahkan atau meringankan tugas setiap karyawan yang melaksanakan tugas kantor, dan administrasi kantor juga membantu kelancaran perkembangan kantor untuk tujuan yang telah ditetapkan.

Dengan adanya staf administrasi kantor pekerjaan akan lebih rapi dan teratur sesuai dengan tugas yang diperintahkan, sistem pencatatan dan dokumentasi tersimpan dengan baik.

Baca juga: Pengertian Administrasi Perkantoran dan Ruang Lingkupnya

Resepsionis

Resepsionis adalah bagian dari suatu perusahaan yang bertugas mengatur tamu yang akan berhubungan dengan pegawai atau bahkan pejabat di kantor.

Adapun tugas resepsionis adalah memberi pelayanan sebaik-baiknya pada tamu sehingga memberi citra yang baik terhadap perusahaan.

Seorang resepsionis dapat melaksanakan tugasnya dengan baik seperti menerima tamu, menerima telepon, dan menerima surat yang terkait dengan perusahaan.

Asisten arsiparis

Arsiparis adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan pengelolaan arsip dan pembinaan kearsipan.

Profesi arsiparis adalah sebuah pilihan yang membutuhkan karakter pribadi yang kuat karena harus bertanggung jawab dalam mengelola kearsipan. Seorang arsiparis harus mempunyai kompetensi yang meliputi aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap.

Baca juga: Kearsipan: Norma, Standar, Prosedur, dan Kaidahnya

Layanan pelanggan

Customer service atau layanan pelanggan adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, melalui pelayanan ini keinginan dan kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi.

Bentuk layanan pelanggan yang dapat diberikan berupa layanan dengan lisan, layanan dengan tulisan, layanan dengan perbuatan.

Agar pelayanan yang diberikan dapat memuaskan konsumen maka seorang customer service diharapkan dapat melayani keinginan dan kebutuhan konsumennya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com