Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Tim Afirmasi dalam Debat

Kompas.com - 27/04/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Debat adalah kegiatan di mana dua kelompok saling melontarkan dan mempertahankan argumennya.

Salah dua unsur yang harus ada dalam debat, yakni tim oposisi serta tim afirmasi. Tim oposisi adalah pihak yang kontra atau bertentangan dengan mosi debat.

Lalu, bagaimana dengan tim afirmasi? Apa itu tim afirmasi dalam debat?

Pengertian tim afirmasi

Menurut Unsa Maulana, dkk dalam buku Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia (2021), pengertian dari tim afirmasi adalah tim yang menyetujui mosi debat.

Tim afirmasi adalah tim yang setuju dengan permasalahan yang dibahas. Semua argumen dan pendapat akan sejalan dengan mosi yang diberikan.

Baca juga: Pengertian Tim Oposisi dalam Debat

Adapun, dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), mosi adalah topik atau bahasan yang diperdebatkan.

Mosi menjadi salah satu unsur terpenting dalam debat. Karena dengan mosi inilah, tim pro dan kontra bisa saling bertukar argumen.

Dikutip dari buku Berbicara Produktif melalui Keterampilan Berbicara (2021) karya Linda Eka dan Rani Jayanti, tim afirmasi akan menyampaikan argumennya terlebih dahulu.

Sebab, tim afirmasi setuju dengan mosi atau masalah yang didebatkan. Setelah itu, argumennya akan disanggah oleh tim oposisi.

Sama seperti tim oposisi, tim afirmasi dalam debat wajib menguasai topik yang diperdebatkan. Argumen yang diberikan pun harus sesuai dan tidak bertentangan.

Baca juga: Mengapa Debat termasuk Teks Eksposisi?

Selain itu, baik tim oposisi maupun tim afirmasi dalam debat, kedua belah pihak wajib saling menghormati, dan tidak menyerang pribadi satu sama lain.

Kesimpulannya, pengertian dari tim afirmasi adalah tim atau pihak yang setuju dengan mosi atau permasalahan yang diperdebatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com