Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Teknik Membaca Skimming

Kompas.com - 25/11/2021, 09:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam membaca, tidak semua bacaan dibaca dengan seksama. Terkadang, kita juga membaca dengan teknik skimming untuk mencari suatu hal dalam bacaan. Membaca skimming adalah teknik membaca cepat secara sekilas.

Pengertian membaca skimming

Menurut Farida Rahim dalam buku Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (2008), skimming adalah teknik membaca dengan cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan.

Artinya skimming merupakan membaca keseluruhan bacaan secara cepat untuk mendapatkan gambaran umum keseluruhan isi bacaan.

Menurut Soedarso dalam buku Sistem Membaca Cepat dan Efektif (1991), skimming berarti mencari hal-hal penting dari bacaan itu, yakni ide pokok dan detail penting dalam hal ini tidak selalu di permukaan tetapi terkadang di tengah atau di dasar.

Artinya, skimming yaitu teknik membaca cepat untuk mendapatkan ide pokok yang mungkin berada di awal, tengah, ataupun akhir bacaan. Skimming dilakukan dengan membaca keseluruh tulisan secara sekilas dengan cepat namun, tepat dalam mendapatkan gambaran umum.

Baca juga: Pengertian Membaca Ekstensif, Jenis, Teknis, dan Contohnya

Contoh membaca skimming

Contoh teknik membaca skimming adalah saat membuat rangkuman dari suatu bacaan. Untuk membuat rangkuman, kita harus membaca keseluruhan isi bacaan dan mengumpulkan ide pokok juga gagasan utama di dalamnya.

Namun, karena rangkuman harus dibuat dalam waktu cepat, kita kemudian membaca seluruh bacaan tersebut dengan sekilas saja untuk mengetahui apakah inti dari bacaan tersebut.

Teknik membaca untuk mengumpulkan informasi dan menemukan garis besar inilah yang disebut sebagai skimming.

Contoh lain dari melakukan skimming, ketika akan membuat resensi buku. Secara keseluruhan buku harus dibaca tanpa ada bagian yang dilewatinya. Namun, untuk mempersingkat waktu membaca, pembacaan dilakukan sekilas dengan teknik skimming.

Skimming memberikan gambaran umum, ide pokok, ataupun garis besar suatu buku sehingga resensi bisa disusun.

Jika membaca cepat dilakukan dengan cara melewati sebagian bacaan dan hanya membaca bagian tertentu yang dianggap penting, maka teknik membaca tersebut bukanlah skimming melainkan scanning.

Baca juga: Teknik Membaca untuk Menemukan Isi Pokok Buku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com