Kompas.com - 24/11/2021, 16:30 WIB
Padi dan Kapas, Simbol Sila ke-5 Pancasila Buku PKN dan Pancasila (2020) karya Ni Putu Candra PrasetyaPadi dan Kapas, Simbol Sila ke-5 Pancasila

KOMPAS.comSila kelima Pancasila disimbolkan dengan padi dan kapas, karena melambangkan dua hal yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup.

“Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, merupakan bunyi sila kelima Pancasila. Sila ini bisa dimaknai bahwa seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali, berhak mendapat keadilan di berbagai bidang kehidupannya.

Hubungan makna sila kelima Pancasila dengan simbolnya

Hubungan makna sila kelima Pancasila dengan simbolnya adalah padi dan kapas melambangkan dua kebutuhan utama yang harus dimiliki serta dipenuhi manusia agar bisa bertahan hidup.

Menurut Agus Wijaya dalam jurnal Peningkatan Hasil Belajar PKN pada Materi Pokok Makna dan Keterkaitan Simbol-simbol Sila Pancasila melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Kelas VI SDN Bandang Laok 2 Kokop Kabupaten Bangkalan (2019), padi dan kapas melambangkan sandang (pakaian) dan pangan (makanan) yang menjadi kebutuhan pokok setiap masyarakat Indonesia.

Baca juga: Hubungan Makna Sila Keempat Pancasila dengan Simbolnya

Padi dan kapas juga menjadi dua syarat utama untuk mencapai kemakmuran bangsa dan negara Indonesia, yang mana menjadi tujuan utama sila kelima Pancasila.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari buku Pancasila Satu-satunya Ideologi Bangsa Indonesia dan Amanat Pembukaan UUD 1945 Satu-satunya Landasan Konstitusional Negara Kesatuan Republik Indonesia (2021) karya Brigjen TNI (Purn.) Junias Marvel Lumban Tobing, dengan ketersediaan sandang dan pangan, masyarakat akan bisa bertahan dan hidup aman.

Selain itu, warna putih pada bagian belakang simbol padi dan kapas, bermakna jika keadilan sosial hanya bisa tercapai apabila keputusan yang diambil oleh para penyelenggara pemerintah dan negara, serta pemangku kepentingan, tepat sasaran, dan selalu mengutamakan kepentingan bersama atau masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.