Kompas.com - 18/11/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi wirausaha freepik.comIlustrasi wirausaha

KOMPAS.com - Sikap saling ketergantungan juga terjadi dalam wirausaha. Sikap ini sangat menguntungkan masyarakat dan negara karena bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian bangsa.

Sikap saling ketergantungan bisa diartikan sebagai sikap saling mendukung atau membantu, dan saling berhubungan (berinteraksi) antarsesama manusia.

Dikutip dari buku Manajemen Kewirausahaan (2020) karya Kurnia Dewi, pengertian wirausaha adalah orang yang berani dan secara mandiri mampu mengelola sumber daya yang ada, guna menciptakan suatu produk bernilai tinggi, dengan segala risiko yang akan dihadapinya.

Makna saling ketergantungan 

Menurut Muhammad Budyatna dalam buku Teori-Teori Mengenai Komunikasi Antarpribadi (2015), sikap saling ketergantungan mendorong manusia berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingannya sendiri.

Karena manusia tidak bisa hidup sendiri dan senantiasa memerlukan bantuan atau berinteraksi dengan orang lain, guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Cara Memperluas Wawasan dan Kreativitas dalam Hal Wirausaha

Makna saling ketergantungan dalam wirausaha

Makna saling ketergantungan dalam wirausaha untuk pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia adalah antara wirausaha yang satu dan yang lain saling bekerja sama, mendukung atau membantu, dan berinteraksi (berhubungan) guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Artinya antarwirausaha haruslah saling mendukung dan bekerja sama dalam menjalankan kegiatan ekonominya. Karena wirausaha juga tidak dapat bertahan sendiri atau membutuhkan bantuan wirausaha lainnya.

Sebagai contoh, wirausaha pembuat makanan membutuhkan wirausaha lainnya, seperti wirausaha peternakan, wirausaha perikanan, dan lain sebagainya.

Dengan menumbuhkan sikap saling ketergantungan dalam wirausaha, pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia dapat semakin meningkat dan berkembang pesat.

Karena antarwirausaha saling membantu untuk meningkatkan perekonomiannya sendiri, dan masyarakat luas. Sehingga berpengaruh pula pada pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia.

Baca juga: Manfaat Melakukan Wirausaha Sejak Kecil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.