Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Jelaskan Dampak Memakai Make Up bagi Kulit saat Olahraga

Kompas.com - 16/03/2024, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Menurut sebuah penelitian baru, memakai alas bedak atau foundation selama olahraga aerobik dapat memengaruhi kulit dan pori-porinya. Temuan ini diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology.

Lantas, bagaimana kosmetik memengaruhi kulit selama olahraga?

Pengaruh alas bedak terhadap kulit selama olahraga

Penelitian tersebut menganalisis 43 mahasiswa dalam kondisi sehat, termasuk 20 laki-laki dan 23 perempuan. Foundation dioleskan pada dahi dan pipi bagian atas pada separuh wajah peserta dan separuh wajah lainnya masih kosong.

Hasil studi menunjukkan adanya peningkatan kelembapan kulit wajah pasca-olahraga, namun lebih banyak kelembapan di area wajah yang diberi riasan.

Setelah berolahraga, ukuran pori-pori kulit membesar pada bagian wajah yang tidak menggunakan riasan, namun tidak sebesar pada bagian wajah yang menggunakan riasan. Jumlah minyak pun meningkat di area wajah tanpa riasan dan menurun di area dengan riasan.

Baca juga: Studi Baru Ungkap Olahraga Lari Sangat Baik untuk Jangka Panjang

Dongsun Park, PhD, dari Korea National University of Education, mengatakan bahw studi ini menunjukkan pentingnya mempelajari perubahan kondisi kulit jika memakai riasan saat berolahraga.

Park menjelaskan, menurut penelitian ini, memakai riasan tebal seperti foundation krim berolahraga berpotensi menyebabkan masalah kulit, seperti pori-pori tersumbat akibat penumpukan keringat. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih riasan yang lebih ringan atau produk bebas minyak untuk menjaga kesehatan kulit selama berolahraga.

Bagaimana riasan dapat berdampak negatif

Menurut para ahli, riasan wajah dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan peningkatan kekeringan pada kulit.

dr. Brendan Camp, dokter kulit yang berbasis di New York, menyarankan untuk menghapus riasan sebelum tidur karena dapat bercampur dengan minyak dan sel kulit mati, sehingga menyumbat pori-pori dan mendorong pembentukan jerawat.

Hal yang sama juga berlaku untuk memakai riasan saat olahraga. Studi terbaru ini menunjukkan bahwa memakai riasan saat berolahraga dapat membuat kulit semakin kering. Sebagai informasi, penelitian ini fokus pada pemakaian foundation.

Baca juga: Benarkah Olahraga Berlebihan Bisa Sebabkan Impotensi?

Camp mengungkapkan, pemakaian mascara, eyeliner, dan lipstik mungkin tidak terlalu menjadi masalah saat olahraga karena tidak diaplikasikan ke seluruh wajah.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat dampak jenis riasan tertentu pada kulit selama berolahraga.

Bagaimana merawat kulit setelah olahraga?

Camp menyarankan, setelah olahraga, bersihkan kulit (wajah dan tubuh) untuk menghilangkan minyak berlebih, keringat, bakteri, dan sisa produk yang dapat menyebabkan jerawat atau folikulitis.

Selain itu, saat berolahraga di luar ruangan, ingatlah untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Gunakan SPF minimal 30, kacamata hitam, topi, dan jangan lupa oleskan tabir surya pada telinga, leher, dan bibir.

Kemudian, minumlah air saat berolahraga, yang akan membantu kulit tetap terhidrasi dan menjaga keseimbangan air tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com