Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2024, 03:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi banyak orang, bau mulut atau halitosis dapat menurunkan kepercayaan diri dan mungkin menimbulkan kecemasan.

Ada beberapa faktor penyebab bau mulut, namun yang umum adalah kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Berikut adalah beberapa penyebab bau mulut:

  • Mengonsumsi produk tembakau
  • Kesehatan mulut yang buruk
  • Mulut kering
  • Infeksi di mulut
  • Penyakit di mulut, hidung, atau tenggorokan

Dalam beberapa kasus, bau mulut bisa diatasi secara alami dengan bahan-bahan sederhana. Namun, jika bau mulut tak kunjung hilang, sebaiknya periksakan pada dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Makan Buah Nanas Mulut Terasa Gatal, Apa Penyebabnya?

Kenapa mulut kering sebabkan bau mulut?

Air liur membantu membersihkan mulut dan menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. Kondisi yang disebut mulut kering atau xerostomia bisa menjadi penyebab bau mulut karena produksi air liur lebih sedikit. 

Mulut kering secara alami terjadi saat tidur, sehingga menyebabkan aroma nafas yang khas di pagi hari. Aroma tersebut bisa lebih buruk jika tidur dengan mulut terbuka. 

Mulut kering yang terus-menerus dapat disebabkan oleh masalah pada kelenjar yang memproduksi air liur dan beberapa penyakit.

Cegah mulut kering dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air (bukan minuman berkafein atau manis) sepanjang hari akan membantu mendorong produksi air liur, sehingga dapat mencegah mulut kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com