Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat Minum Air Lemon Hangat Sebelum Tidur?

Kompas.com - 15/03/2024, 04:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Air lemon hangat dapat menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalahmengatasi gejala flu.

Namun, jika dikonsumsi pada waktu yang spesifik, misalnya di malam hari atau sebelum tidur, adakah manfaat lain dari minum air lemon hangat?

Manfaat air lemon hangat

Ada banyak klaim kesehatan tentang manfaat minum air lemon hangat, mulai dari melembabkan kulit hingga mencegah kanker.

Namun, khusus untuk manfaat kesehatan dari minum air lemon hangat sebelum tidur, belum banyak studi yang menelitinya. Beberapa penelitian berfokus pada kemungkinan manfaat kesehatan dari hidrasi umum.

Sebuah ulasan tahun 2019 mengatakan bahwa sebagian besar klaim kesehatan untuk hidrasi tambahan dari air lemon masih kekurangan bukti ilmiah. 

Baca juga: 5 Manfaat Menakjubkan Kol bagi Kesehatan

Misalnya, ahli menemukan bukti terbatas bahwa hidrasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir, mengurangi risiko batu ginjal, atau mendukung penurunan berat badan.

Para penulis menyimpulkan bahwa ada kemungkinan manfaat untuk hidrasi tambahan dari air lemon hangat, tetapi masih diperlukan lebih banyak penelitian.

Sejauh ini, berikut adalah beberapa manfaat minum air lemon hangat sebelum tidur.

1. Memperbaiki suasana hati

Sebuah studi kecil terhadap 52 orang meneliti efek peningkatan asupan air pada peserta dengan hidrasi rendah dan mengurangi asupan pada peserta dengan hidrasi tinggi.

Para peneliti menemukan, peningkatan asupan air pada orang dengan hidrasi rendah meningkatkan ketenangan, kepuasan, dan kualitas tidur. Sedangkan, peneliti menemukan efek sebaliknya saat mengurangi asupan air pada kelompok lain.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih?

Beberapa orang mungkin menganggap air lemon hangat sebelum tidur membuat tubuh lebih rileks. Hal tersebut mungkin bermanfaat untuk menginduksi tidur atau meningkatkan kualitas tidur.

2. Mengurangi gejala pilek

Sebuah studi tahun 2008 mengatakan bahwa minum minuman hangat dapat memperbaiki gejala pilek dan flu.

Minum air lemon hangat sebelum tidur bisa membantu mengatasi hidung tersumbat atau meredakan sakit tenggorokan.

Lemon juga mengandung vitamin C, yang diyakini dapat mempercepat penyembuhan dari demam, meski belum ada dukungan ilmiah untuk klaim ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com