Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2024, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Makanan yang mengenyangkan dapat menangkal rasa lapar dan membantu kita makan lebih sedikit pada jam makan berikutnya.

Untuk alasan ini, makanan yang mengenyangkan dapat membantu mengatur berat badan sekaligus menjaga kesehatan. 

Makanan sehat paling mengenyangkan

Berikut adalah beberapa makanan paling mengenyangkan dan sehat:

1. Kentang rebus

Kentang yang dimasak dan tidak dikupas merupakan sumber yang baik untuk beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan potasium.

Kentang mengandung banyak air dan karbohidrat serta mengandung serat dan protein dalam jumlah sedang. Kentang juga hampir tidak mengandung lemak.

Baca juga: Studi Baru Sebut Makanan Ultra-olahan Berdampak Negatif bagi Tubuh

Dibandingkan dengan makanan tinggi karbohidrat lainnya, kentang sangat mengenyangkan. Faktanya, kentang rebus mendapat skor 323 untuk indeks kenyang, yang merupakan angka tertinggi dari semua 38 makanan yang diuji. 

2. Telur 

Telur sangat sehat dan padat nutrisi. Sebagian besar nutrisi ditemukan dalam kuning telur, seperti antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi. Telur berukuran besar mengandung sekitar 6 gram protein, termasuk semua 9 asam amino esensial.

Telur juga sangat mengenyangkan dan mendapat skor tinggi pada indeks kenyang.

Satu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi telur dan roti panggang untuk sarapan mengalami lebih sedikit rasa lapar dan makan lebih sedikit kalori selama jam makan berikutnya.

3. Oatmeal

Oat merupakan pilihan sarapan yang populer. Oatmeal cukup rendah kalori dan merupakan sumber serat yang bagus, terutama serat larut yang disebut beta glukan. 

Baca juga: 4 Makanan yang Mengandung Radioaktif

Oatmeal juga mendapat skor tinggi pada indeks kenyang, yakni peringkat ketiga secara keseluruhan.

Satu studi menemukan bahwa peserta merasa lebih kenyang dan tidak terlalu lapar setelah makan oatmeal dibandingkan dengan sereal sarapan siap saji. Mereka juga makan lebih sedikit kalori saat makan siang.

4. Ikan

Ikan sarat dengan protein berkualitas tinggi. Ikan juga kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak esensial yang harus diperoleh dari makanan.

Menurut sebuah studi tahun 2008, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com