Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microwave Tidak Panaskan Makanan dengan Merata? Ini Alasannya

Kompas.com - 05/01/2024, 08:00 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada berbagai cara untuk memanaskan makanan, salah satunya menggunakan oven microwave. Namun, seringkali panas makanan setelah dipanaskan dalam microwave jadi tidak merata.

Mengapa hal ini terjadi? Apa faktor yang membuat microwave tidak dapat menghasilkan panas secara merata? 

Baca juga: 5 Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Cara kerja microwave

Menurut penjelasan Badan Layanan Keamanan dan Pengawasan Makanan, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dalam laman resminya, microwave bekerja dengan mengubah daya listrik menjadi gelombang mikro.  

Gelombang ini punya panjang gelombang sekitar 4 inci dari puncak ke puncak dan dipancarkan oleh magnetron pada frekuensi sekitar 2450 Megahertz.

Pada frekuensi ini, daya diserap cepat oleh molekul air, lemak, dan gula, yang menghasilkan getaran tinggi dan suhu tinggi untuk memasak makanan.

Namun, meskipun gelombang mikro ini dapat menembus makanan hingga kedalaman 1 sampai 1,5 inci, gelombang mikro tidak mencapai bagian tengah potongan makanan yang lebih tebal.

Selain itu, udara di dalam oven microwave bersuhu ruang sehingga permukaan makanan lebih dingin dibandingkan makanan dalam oven konvensional yang dipanaskan oleh udara pana. Hal ini pula yang membuat makanan dari microwave biasanya tidak menjadi coklat dan renyah.

Titik panas dan titik dingin dalam microwave

Steve Rajeckas dalam laman Temperature Master, Kamis (23/3/2023), menyebutkan ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan panas tidak merata dalam microwave.

Salah satunya adalah standing waves, yaitu gelombang yang bergerak bolak-balik dan menciptakan titik panas dan titik dingin di dalam oven.

Baca juga: Radiasi Microwave Dapat Merusak Makanan, Benarkah?

Gelombang ini tidak bergerak lateral atau menyamping, dan ini menciptakan area di mana makanan tidak menerima gelombang mikro dengan baik.

Kesalahan fisik microwave

Tidak hanya itu, kerusakan pada komponen utama microwave, seperti magnetron, dapat menyebabkan panas tidak merata. Terminal yang terbakar, koneksi yang lemah, masalah resistansi, atau magnet yang retak dapat mengakibatkan masalah ini.

Hal sederhana seperti piring kaca yang terjebak di dalam juga dapat menjadi penyebab pemanasan tidak merata.

Untuk mengatasi masalah ini, sebagian besar microwave modern dilengkapi dengan piring kaca putar. Namun, jika piring ini tidak berputar dengan baik, makanan tidak terpanaskan dengan merata.

Jadi, meskipun microwave telah menjadi alat yang sangat nyaman dalam dapur, pemahaman tentang cara kerjanya dapat membantu kita mengatasi masalah ketidakmerataan panas yang kadang-kadang terjadi.

Baca juga: Penemuan Kebetulan Microwave, Alat Masak Canggih di Akhir Perang Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com