Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Mengatasi Bau Mulut Setelah Makan Bawang

Kompas.com - 29/09/2023, 09:30 WIB
Usi Sulastri,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bawang putih, meski menjadi salah satu bumbu yang tak tergantikan dalam banyak masakan, namun seringkali bumbu dapur ini menjadi penyebab utama bau mulut.

Bau mulut setelah makan bawang putih dapat menjadi masalah yang mengganggu dalam kehidupan sehari-hari, terutama jika ingin menjaga kepercayaan diri dan kenyamanan saat berinteraksi sosial.

Lantas, bagaimana cara dan tips untuk mengatasi bau mulut akibat mengkonsumsi bawang?

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Bau Mulut Setelah Makan Bawang

Tips mengatasi bau bawang pada mulut

Dilansir dari Healthline, Rabu (27/9/2023), beberapa tips untuk mengatasi masalah bau mulut usai makan bawang putih, di antaranya sebagai berikut.

1. Makan pencuci mulut

Tips pertama mengatasi bau mulut setelah makan bawang putih adalah dengan mengonsumsi produk makanan seperti apel, bayam, atau mint. Pertimbangkan untuk makan apel sebagai pencuci mulut atau mengunyah daun mint segar.

Studi dari sumber yang dapat dipercaya menunjukkan bahwa senyawa kimia dalam apel mentah atau dimasak, selada, dan mint membantu mengatasi bau napas akibat konsumsi bawang putih.

Selain itu, teh hijau panas dan jus lemon juga dapat memberikan bantuan dalam mengurangi bau napas tersebut.

2. Bersihkah mulut dengan sikat gigi

Sebagian besar bakteri penyebab bau mulut berada di bawah garis gusi dan terdapat pada penumpukan plak di permukaan gigi.

Baca juga: Kenapa Bau Mulut Tidak Hilang meski Sudah Sakit Gigi?

Melakukan sikat gigi dan penggunaan benang gigi setelah makan bawang merah atau bawang putih merupakan tips yang cukup efektif untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut, serta sisa-sisa makanan.

Menggunakan sikat gigi elektrik dapat membantu mencapai area di bawah garis gusi dan mengurangi penumpukan plak. Hal ini dapat menjaga napas tetap segar untuk jangka waktu yang lebih lama.

3. Gunakan obat kumur

Tips mengatasi bau mulut lainnya adalah berkumur dengan obat kumur. Beberapa bukti ilmiah telah menunjukkan efektivitas obat kumur mengandung klorin dioksida.

Klorin dioksida memiliki kemampuan untuk menghilangkan plak, mengatasi bakteri yang menempel pada permukaan lidah, dan mengangkat partikel makanan.  

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Bahan Alami

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com