Kompas.com - 07/06/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi bau mulut iStockphotoIlustrasi bau mulut

KOMPAS.comBau mulut adalah masalah yang bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Bau mulut jarang teridentifikasi langsung oleh diri sendiri. Biasanya seseorang akan mengetahui bau mulut setelah diberitahu pasangan, keluarga, atau temannya.

Bau mulut disebabkan oleh banyak faktor. Namun faktor utama penyebab bau mulut adalah buruknya kebersihan mulut. Kebersihan mulut yang buruk ditandai dengan banyaknya plak, karang gigi, dan gigi berlubang. Selain itu juga terdapat plak keputihan pada lidah.

Penyebab lainnya adalah mulut kering atau penggunaan alat-alat tambahan di dalam rongga mulut, seperti ortodonti cekat dan gigi tiruan. Alat-alat tambahan ini bisa menyebabkan bau mulut jika tidak dibersihkan dengan teliti karena merupakan tempat retensi yang baik untuk bakteri dan plak.

Dilansir dari Health Line, terdapat beberapa cara menghilangkan bau mulut menggunakan bahan-bahan alami. Berikut daftarnya.

Baca juga: 9 Penyebab Bau Mulut dan Penjelasannya Menurut Sains

Parsley

Parsley di Indonesia sering digunakan sebagai garnish atau penghias di atas sajian makanan. Ternyata, parsley bisa mengatasi bau mulut.

Parsley memiliki aroma yang segar dan mengandung klorofil yang dipercaya memiliki efek untuk membasmi bau. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa parsley bisa melawan sulfur.

Sulfur merupakan gas yang muncul akibat reaksi bakteri dengan sisa makanan yang menyebabkan bau mulut.

Untuk menghilangkan bau mulut, Anda bisa mencoba mengunyah daun parsley segar setiap setelah selesai makan.

Nanas

Nanas dipercaya bisa menghilangkan bau mulut. Anda bisa mengunyah beberapa potong nanas setelah makan atau meminum jus nanas.

Namun, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa nanas mampu menghilangkan bau mulut. Anda juga perlu mengingat bahwa nanas bersifat asam dan bisa memberikan dampak pada permukaan enamel gigi. Setelah mengunyah nanas, berkumurlah dengan air putih.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.