Bagaimana Pantat Kunang-kunang Bisa Bercahaya?

Kompas.com - 15/03/2024, 19:33 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Saat malam hari, Anda mungkin bisa melihat kerlipan cahaya di taman yang berasal kunang-kunang.

Ya, Anda pun tentu sudah tidak asing lagi bahwa serangga tersebut bisa mengeluarkan cahaya dari pantatnya.

Baca juga: Kenapa Kunang-kunang Mengeluarkan Cahaya?

Kunang-kunang memproduksi cahaya tersebut sebagai salah satu strategi untuk menarik lawan jenisnya.

Tapi pernahkan terpikir bagaimana pantat kunang-kunang itu kemudian bisa bercahaya?

Kini para peneliti mengamati lebih dekat genetika yang dapat membantu menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Pantat yang bercahaya

Mengutip IFL Science, Rabu (6/3/2024) kunang-kunang (Aquatica leii) adalah spesies akuatik yang baik jantan dan betinanya memiliki organ cahaya yang mampu memancarkan sinyal satu sama lain.

Tapi dalam studi ini tim peneliti mengamati secara dekat genom kunang-kunang jantan, yang merupakan genom terbesar yang diketahui di antara spesies kunang-kunang yang diteliti.

Tim peneliti tertarik pada delapan gen homebox yang mengontrol posisi sel berbeda selama perkembangan embrio.

Beberapa gen itu menurut peneliti juga penting untuk pembentukan organ cahaya pada kunang-kunang dewasa.

Hasil studi kemudian menemukan gen yang mengontrol cahaya di dalam tubuh kunang-kunang melibatkan enzim yang disebut luciferase yang akan menghasilkan cahaya ketika teroksidasi.