Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Jupiter Mampu Hasilkan Oksigen untuk 1 Juta Manusia

Kompas.com - 11/03/2024, 13:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Data dari wahana antariksa Juno milik NASA menunjukkan satelit Jupiter yakni Europa ternyata menghasilkan banyak oksigen setiap hari.

Satelit tersebut telah lama menarik perhatian para ahli astrobiologi karena kemungkinan adanya kehidupan di bawah permukaan lautnya.

Baca juga: Berapa Lama Satu Hari di Jupiter?

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Astronomy ini berfokus pada data dari Jovian Auroral Distributions Experiment, atau JADE, Juno.

Dari situ, seperti dikutip dari Gizmodo, Rabu (6/3/2024) peneliti memperkirakan produksi oksigen dari Europa berdasarkan jumlah hidrogen yang keluar dari permukaannya.

Kesimpulannya, Europa menghasilkan sekitar 1000 ton oksigen setiap 24 jam, cukup untuk satu juta manusia.

“Eropa ibarat bola es yang perlahan-lahan kehilangan airnya dalam arus sungai. Tapi dalam kasus ini, aliran tersebut adalah cairan partikel terionisasi yang menyapu Jupiter oleh medan magnetnya yang luar biasa,” kata Jamey Szalay, anggota tim sains JADE dan ilmuwan peneliti di Universitas Princeton.

“Saat partikel terionisasi ini menghantam Europa, mereka memecah molekul es air demi molekul di permukaan untuk menghasilkan hidrogen dan oksigen,” terangnya.

Juno diluncurkan pada tahun 2011 untuk menjelajahi Jupiter dan satelit-satelitnya.

Selama beberapa tahun terakhir, wahana tersebut sudah mengambil gambar dan data luar biasa dari sistem Jovian, terutama Europa dan Io.

Europa sendiri disebut sebagai tempat yang menjanjikan untuk astrobiologi. Para ilmuwan menaruh harapan bahwa ada jenis kehidupan yanag bisa hidup di bawah lapisan es satelit yang membeku itu.

Europa berukuran 3.100 kilometer, menjadikannya satelit terbesar keempat dari 95 satelit Jupiter yang diketahui.

Baca juga: Mengapa Planet Jupiter Memiliki Puluhan Bulan?

Karena Europa diperkirakan memiliki lautan bawah permukaan, para ilmuwan bertanya-tanya apakah oksigen di permukaan satelit dapat menyediakan oksigen pula bagi lautan.

Meskipun 1.000 ton oksigen per hari itu jumlah yang banyak, sebenarnya jumlah tersebut lebih kecil dari perkiraan sebelumnya, yang menyatakan Europa bisa menghasilkan lebih dari 1 ton oksigen per detik.

Lebih lanjut, Juno akan terus melakukan penerbangan lintas dan mengumpulkan data di satelit Jupiter.

Tetapi untuk saat ini wahana tersebut berpindah dari Europa dan akan menuju Io.

Selain Juno, Europa masih mendapatkan perhatian lebih dibandingkan satelit Jupiter yang lain.

Misi Europa Clipper NASA diperkirakan akan tiba di Jupiter pada tahun 2030, dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan apakah Europa memiliki bahan kimia yang tepat untuk kehidupan.

Baca juga: Kenapa Planet Jupiter Berukuran Sangat Besar?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com