Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Ungkap Alasan Unik Kucing Suka Menjilati Manusia

Kompas.com - 06/03/2024, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kucing domestik dewasa dapat menghabiskan hingga 8 persen waktu bangunnya untuk merawat tubuhnya dengan lidah.

Selain untuk kebersihan, aktivitas menjilat juga dapat memainkan peran sosial yang penting bagi kucing. Pasalnya, kucing dewasa sering kali menjilat satu sama lain sebelum kawin.

Lantas, mengapa kucing juga suka menjilat manusia? Terkait hal ini, para ilmuwan dan pakar perilaku kucing belum sepenuhnya yakin dengan penyebab kucing suka menjilati wajah atau tangan manusia.

Meski belum ada penjelasan menyeluruh dan pasti mengenai perilaku ini, ada beberapa teori tentang penyebab kucing domestik sering menjilat manusia, yakni:

  • Menunjukkan kepercayaan mereka
  • Mengakses informasi biokimia dari kulit manusia
  • Menandai manusia sebagai salah satu milik mereka

Baca juga: Kenapa Ada Bagian yang Botak di Telinga Kucing?

Percaya pada manusia

Ya, ada kemungkinan kucing menjilat manusia untuk menunjukkan bahwa mereka memercayai kita atau setidaknya untuk memperlihatkan bahwa mereka tidak menganggap kita sebagai pesaing.

Menurut Dr. David Sands, pakar psikologi hewan, kebiasaan tersebut mirip dengan perilaku antar kucing, yang disebut allogrooming, yang pada dasarnya adalah saling merawat. Seekor kucing akan mempelajari hal ini dari induknya ketika mereka masih kecil.

Karena itu, kucing dewasa hanya akan menjilat kucing lain yang mereka percayai dan tidak bersaing dengannya. Dan perilaku perawatan yang penuh kepercayaan ini dapat dilakukan pada manusia.

Tertarik pada aroma di tangan

Meskipun kedengarannya rumit, ini pada dasarnya adalah gagasan yang sangat sederhana bahwa kucing akan menyukai manusia karena mereka tertarik pada aroma apa pun yang ada di tangan kita.

Sand mengatakan, indra perasa kucing sangat sensitif, mereka dapat menangkap aroma dari kulit manusia yang mungkin berasal dari sekresi feromon dari hewan lain.

Baca juga: Kenapa Kucing Senang Masuk ke Tempat Semput?

Bisa juga ada garam, pelembap, atau apa pun yang baru saja kita makan. Bagi kucing, semua ini adalah aroma yang menarik dan jilatan memungkinkan mereka untuk memeriksanya.

Menandai manusia

Kucing, seperti yang dikatakan Sands, memiliki indra perasa yang tajam. Dan bau favorit mereka adalah bau mereka sendiri.

Faktanya, kucing sangat menyukai aroma unik mereka, yang berfungsi sebagai sidik jari di udara, sehingga mereka berpikir bahwa aroma tersebut akan menggantikan aroma lainnya.

Seperti yang dijelaskan Sands, inilah sebabnya kucing mungkin menjilat dirinya sendiri setelah kita mengelusnya karena ingin menghilangkan bau manusia dari tubuhnya.

Sands menambahkan, banyak sekali perilaku kucing yang disebabkan oleh rasa kepemilikan, seolah segala sesuatu yang mereka lakukan sangat teritorial.

Baca juga: Studi Jelaskan Dampak Pola Makan Vegan bagi Kucing

Terkadang, ketika kucing menjilat kucing lain dan manusia, mereka menghilangkan baunya dan menggantinya dengan bau mereka sendiri. Ini adalah cara mereka menandai dan mengatakan "Ini milikku!".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com