Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kucing kerap memasukkan tubuh berbulunya ke dalam tempat-tempat kecil dan sempit. Mereka tampak nyaman dan tidak kesulitan.

Menurut para ahli, kucing sebenarnya suka berada di tempat yang kecil karena hal tersebut membuat mereka merasa aman. Menurut dr. Michelle Burch, dokter hewan dari Safe Hounds Pet Insurance, kucing biasanya mencoba bersembunyi di tempat kecil karena aman dan nyaman bagi mereka.

Kucing sering dianggap sebagai predator, namun mereka juga merupakan mangsa. Oleh karena itu, mereka memiliki naluri bersembunyi untuk menghindari hewan yang mungkin memburunya.

dr. Burch mengatakan, dalam tempat kecil, kucing dapat bersembunyi dari calon predator yang mungkin menyelinap dari samping, belakang, atau arah yang tak terduga.

Baca juga: Studi Jelaskan Dampak Pola Makan Vegan bagi Kucing

Kucing juga cenderung waspada terhadap orang atau hewan baru yang masuk ke dalam rumah, sehingga bersembunyi bisa membuat mereka lebih nyaman jika ada perubahan yang terjadi di lingkungannya.

Kemudian, meringkuk di tempat yang kecil juga melindungi perut kucing, bagian tubuhnya yang paling rentan. Berada di tempat sempit pun dapat menjaga panas tubuh dan membuat kucing tetap merasa hangat.

Terakhir, kucing juga akan memilih bersembunyi di tempat kecil untuk privasi ketika mereka membutuhkan "me time" dari lingkungan sekitarnya.

Dengan alasan-alasan tersebut, sebaiknya hindari mengganggu kucing saat dia terlihat nyaman beristirahat di tempat kecil, kecuali jika khawatir mereka akan terluka atau cedera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com