Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2024, 18:41 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Matahari adalah bintang katai kuning yang berbentuk bola hidrogen dan helium yang bersinar di pusat tata surya.

Pusat tata surya ini jaraknya sekitar 150 juta km dari Bumi. Tanpa energi matahari, kehidupan seperti saat ini tidak akan ada di Bumi.

Matahari adalah salah satu dari lebih dari 100 miliar bintang di Galaksi Bima Sakti. Matahari mengorbit sekitar 25.000 tahun cahaya dari inti galaksi, menyelesaikan revolusi sekali setiap 250 juta tahun atau lebih.

Umur matahari relatif muda dan merupakan bagian dari generasi bintang yang dikenal sebagai Populasi I, yang relatif kaya akan unsur yang lebih berat daripada helium.

Baca juga: Lubang Hitam Paling Lapar, Telan Materi Sebesar Matahari Setiap Hari

Kapan matahari terbentuk?

Matahari terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu dalam awan gas dan debu raksasa yang berputar, yang disebut nebula matahari. Saat nebula itu runtuh karena gravitasinya sendiri, ia berputar lebih cepat dan menjadi piringan.

Sebagian besar materi nebula ditarik ke arah pusat tata surya untuk membentuk matahari, yang menyumbang 99,8 persen massa tata surya. Sebagian besar materi yang tersisa membentuk planet-planet dan benda-benda lain yang kini mengorbit matahari.

Seperti semua bintang, matahari pada akhirnya akan kehabisan energi. Ketika ia mulai mati, matahari akan berkembang menjadi bintang raksasa merah, menjadi sangat besar sehingga akan menelan Merkurius dan Venus, bahkan mungkin juga Bumi.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa saat ini matahari kurang dari separuh masa hidupnya dan akan bertahan sekitar 5 miliar tahun lagi sebelum berubah menjadi katai putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com