Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2024, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber PetMD

KOMPAS.com - Kucing adalah karnivora yang tidak dapat mencerna rumput berserat seperti sapi dan kuda, sehingga rumput yang mereka makan, sering kali, berakhir di muntahan dan tinja.

Namun, memakan rumput sebenarnya adalah perilaku yang sangat umum pada kucing, bahkan pada kucing yang tidak sakit.

Lantas, kenapa kucing makan rumput?

Terdapat penelitian terbatas yang menjelaskan secara pasti alasan kucing melakukan perilaku ini, namun berikut adalah beberapa teori berbasis sains yang dipercaya oleh para dokter hewan profesional terkait penyebab kucing memakan rumput.

1. Membersihkan bola rambut

Karena kucing sering muntah setelah makan rumput, beberapa ilmuwan berteori bahwa nenek moyang kucing domestik akan memakan rumput untuk mengeluarkan bahan-bahan lain yang tidak dapat dicerna dari perut.

Baca juga: Amankah Memberi Catnip pada Kucing?

Misalnya, kucing yang berburu mangsa kecil mungkin ingin membantu menyingkirkan bulu dan tulang kecil yang tidak dapat dicerna dengan cepat.

Kucing modern mungkin menggunakan metode ini untuk membantu mengusir bola rambut, tetapi penelitian pada tahun 2021 tidak menemukan perbedaan kecenderungan makan rumput antara kucing berbulu panjang, yang lebih rawan terhadap bola rambut, dengan kucing berbulu pendek.

2. Meringankan sembelit

Rumput yang tidak sering dimuntahkan akan berakhir di tinja dan bentuknya tidak berubah. Hal ini dapat membantu meningkatkan pergerakan usus besar pada kucing yang mengalami sembelit ringan.

Dengan demikian, makanan tinggi serat direkomendasikan untuk kucing yang sering mengalami masalah buang air besar.

3. Pencegahan parasit

Diduga pada beberapa spesies hewan liar bahwa makan rumput dan serat tumbuhan bertujuan untuk membantu mengurangi parasit usus.

Baca juga: Studi Jelaskan Cara Menarik Perhatian Kucing Menurut Sains

Pasalnya, cacing dewasa ditemukan pada kotoran serigala dan musang yang dibungkus dengan bahan tumbuhan.

Meskipun tidak ada indikasi bahwa kucing rumahan dengan sengaja memakan rumput untuk mendapatkan efek ini, kemungkinan besar hal tersebut merupakan alasan, secara evolusi, spesies tersebut mempertahankan sifat ini.

4. Suplementasi vitamin dan mineral

Meskipun rumput tidak mudah dicerna, beberapa kekurangan mineral atau vitamin tingkat rendah dapat diatasi dengan memakannya.

Penelitian belum dilakukan untuk menunjukkan secara pasti apa yang dapat diserap dari rumput oleh kucing, namun penting untuk memastikan kucing mengonsumsi makanan hewan yang seimbang dan tepat untuk menghindari kemungkinan kekurangan vitamin.

5. Rumput memiliki rasa yang enak

Beberapa kucing tampaknya benar-benar menyukai rumput dan pepohonan hijau. Kucing memiliki kepribadian dan selera yang unik, dan beberapa mungkin menganggap rumput adalah makanan yang menyenangkan untuk dikunyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com